Anggota Paskibraka Mulai Latihan

0
246
Asisten II Sekretariat Pemko Tanjungpinang, H Irwan memakaian tanda peserta pelatihan kepada perwakilan anggota Paskibraka Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG -Mengembangkan sikap disiplin dan tertib, membentuk kader-kader patriot, memupuk rasa semangat kebangsaan dan cinta tanah air merupakan tujuan dari pelatihan kesiapakan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tanjungpinang.

Hal ini disampaikan Kadispora Tanjungpinang, Djasman diacara pembukaan pelatihan di Hotel Comforta Tanjungpinang, Rabu (31/7) siang. Kegiatan di buka Asisten II Bidang Pembangunan Ekonomi Sekretariat Kota Tanjungpinang, Irwan dan dihadiri para kepala sekolah perwakilan siswa serta tamu undangan lainnya. Setelah sebelumnya di hari yang sama juga dilaksanakan tantingan atau penyambutan masuk karantina.

Djasman menuturkan, sudah terpilih 34 siswa-siswi terbaik tingkat SMA sederajat. Mereka betugas mengibarkan bendera Merah-Putih pada HUT ke 74 RI di Halaman Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang. Menjadi momen penting yang diperingati setiap 17 Agustus.

Dituturkannya, sebelum bertugas, Paskibraka yang terdiri dari 17 laki-laki dan 17 perempuan itu akan mengikuti pelatihan atau diklat dengan berbagai materi yang ditentukan.

Pelatihan akan dimulai besok, Kamis (1/8) di Halaman Hotel Comforta Tanjungpinang. Serta di beberapa tempat lainnya, seperti Halaman Kantor Walikota Tanjungpinang.

Sama seperti biasanya, mereka akan dilatih dari jajaran TNI-POLRI dan unsur Satpol PP maupun para Purna Paskibra. Materi yang diberikan yaitu Peraturan Baris-Berbaris (PBB) maupun lainnya.

“Tim pelatih yang dibentuk akan memberikan materi latihan. Mulai dari olah fisik, mental, wawasan kebangsaan serta PBB serta formasi pengibaran Bendera Merah-Putih. Berbagai materi telah disusun,” ujarnya.

Selain itu, Walikota Tanjungpinang, Danrem, Danlanud serta Danlanal dijadwalkan secara bergantian memberi materi kepada peserta Paskibraka. Ini tentu nilai lebih, diharapkan melalui kegiatan ini, bisa menyebarluaskan rasa cinta tanah air kepada sesama.

Terkait yang bertugas menjadi komandan upacara, sesuai jadwal yang ditentukan yaitu perwakilan Lanudal Tanjungpinang.

“Petugasnya dijadwalkan secara bergantian. Tahun ini komandan upacara dari Danlanud Tanjungpinang,’ paparnya.

Mengenai pakaian peserta selama berlatih, Djasman menuturkan pihaknya menyiapkan beberapa stel seragam olahraga lengkap. Begitu juga dengan biaya-biaya yang timbul selama pelatihan dilaksanakan.

Ditambahkannya, sebagai bentuk penghargaan kepada para Paskibraka tahun ini, akan di ajak berwisata pendidikan di Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

“Setelah diberikan tugas menjadi pengibar bendera, kami rencanakan memberikan penghargaan jalan-jalan ke Bukit Tinggi. Wisata alam dan pendidikan di sana,” ucapnya.

Hadir juga dalam pembukaan perwakilan Kepala SMA sederajat di Tanjungpinang, perwakilan organisasi maupun para Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Tanjungpinang. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here