Angin Kencang Ganggu Jaringan Listrik

0
372
TEKNISI PLN Rayon Natuna tengah memperbaikan jaringan PLN yang mengalami gangguan di Natuna akibat angin kencang. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Cuaca ekstrem seperti angin kencang yang sedang melanda Natuna, menyebabkan gangguan jaringan listrik sejak tiga hari terakhir.

NATUNA – Manager PLN Rayon Natuna Dwi Ristiono menegaskan, walaupun cuaca mendung pihaknya akan terus berusaha memperbaiki segala kerusakan jaringan PLN diakibatkan cuaca buruk yang melanda Natuna.

Gangguan yang dialami jaringan PLN, mulai dari baut Stone Isolator patah akibat goyangan andongan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM). Selain itu, adanya gangguan Pin Isolator yang terlepas dari Cross Arm (Travers) tiang listrik.

”Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin, dalam memperbaiki segala kerusakan yang terjadi diakibatkan gangguan alam seperti angin kencang sejak sepekan terakhir ini,” kata Dwi Ristiono, saat ditemui di lapangan, Minggu (14/1).

Selain membenahi jaringan PLN yang mengalami kerusakan, pihaknya juga melaksanakan pemeliharaan jaringan seperti gangguan Sistem Unit Pembangkit dengan Indikasi Over Voltage.

Menurut Dwi Ristiono, Rele bekerja melepas sistem secara otomatis untuk mengamankan Satuan Unit Pembangkit dari gangguan over load. Saat ini, persiapan penormalan kembali secara bertahap dilakukan.

”Pemeliharaan jaringan ini kita lakukan agar jaringan yang mengalami kerusakan tidak berakibat keseluruhan. Untuk itu, pemadaman bergilir kita laksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 11, 13 dan 14 Januari 2018 ini,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya penyaluran energi listrik ke pelanggan PLN. Namun, pihaknya dengan segera melakukan perbaikan untuk mengembalikan jaringan menjadi normal kembali.

”Kerusakan yang terjadi bukan kehendak kita, semua itu akibat gangguan alam. Kita berharap gangguan tersebut bisa teratasi semuanya,” tutupnya.(HARDIANSYAH )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here