Angin Kencang, Jalur Speedboat Dialihkan

0
507
BERLABUH: Sejumlah kapal cepat (speedboat) Tanjunguban-Batam berlabur di Pelabuhan Telagapunggur saat angin kencang, Minggu (12/2). F-martunas/TANJUNGPINANG POS

Tanjunguban – Selain kondisi gelombang laut yang tinggi dan dapat mencapai 3 meter, angin yang berhembus kencang secara tiba-tiba juga patut diwaspadai.

”Kondisi gelombang tinggi, angin kencang secara tiba-tiba dan hujan juga sangat rawan untuk aktivitas di laut. Kondisi ini akan berlangsung beberapa hari ke depan,” sebut Zahwa
Alya dari Pusat Informasi BPBD Kepri, Minggu (12/2).

Ia menyebutkan, kondisi awan CB (Cumulonimbus) juga patut diwaspadai karena dapat merubah cuaca secara tiba-tiba. Beberapa perairan di Utara Bintan juga cukup ekstrem.

Sementara itu, Rahmat, Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban membenarkan jika kondisi gelombang laut cukup tinggi dan juga angin cukup kencang.

”Kami juga meminta kepada pihak operator pelayaran lebih berhati-hati dan memperhatikan keselamatan berlayar. Sejauh ini seluruh jalur pelayaran kapal cepat (speadboat) dialihkan sepenuhnya melalui jalur alternatif melewati Pulau Ngenang untuk jalur Tanjunguban Telaga Punggur,” jelasnya.

Untuk jam berlayar, lanjutnya, sampai saat ini belum ada perubahan dipercepat atau diperpanjang. Untuk penyeberangan kapal roro ASDP juga masih normal dan tidak ada pengalihan jalur.

Kemarin siang, angin kencang membuat gelombang laut tinggi. Bahkan di Pelabuhan Telagapunggur Batam, kapal feri sempat oleng lantaran tingginya ombak.(JENDARAS KARLOAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here