Angin Kencang Mengamuk

0
519
ANGIN KENCANG: Nampak pusaran angin di laut. Foto diambil dari jarak jauh, kemarin. f-indra/tanjungpinang pos

Kapal Turis Sempat Bergeser 50 Meter

Hujan disertai Angin kencang melanda Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Selasa (22/8). Bahkan sekitar pukul 8.00 WIB pagi sempat terjadi angin puting beliung yang menghantam area sekitar Kantor Bupati.

ANAMBAS – ANGIN kencang tersebut mengakibatkan yacht milik turis asing yang berlabuh di Selayang Pandang (SP) sempat berputar dan bergeser sekitar 50 meter dari lokasi berlabuhnya. Kecapatan angin kala itu diperkirakan mencapai 31 knot. Hingga berita ini diturunkan hujan masih melanda Kota Tarempa Ibu Kota Anambas.

Bahkan kejadian tersebut menjadi tontonan Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang berteduh usai mengikuti upacara di Halaman Kantor Bupati Anambas. ”Angin benar-benar kencang Bang, bahkan tadi angin puting beliung terjadi, berputar yacht milik touris asing dibuatnya,” kata Yanti salah seorang saksi mata, Selasa (22/8).

Angin kecang yang terjadi tambah Yanti juga membuat kursi di warung kopi yang tepat berhadapan dengan Hotel Tarempa Beach beterbangan. Bahkan pengunjung yang sedang menikmati sarapan juga harus bergantin posisi. ”Angin benar-benar kencang ditambah hujan terjadi sekitar satu jam tapi membuat kehebohan,” bebernya.

Sementara itu, Muhamad Salim Kepala Kelompok Tekhnis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) KKA membenarkan kejadian tersebut dan mengatakan kecepatan angin saat kejadian tersebut mencapai 31 knot. ”Awan dan petir serta angin puting beliung yang terjadi diakibatkan oleh awan comulunimbus yang terjadi,” jelasnya.

Saat ini, tambah Salim, di Kabupaten Kepalauan Anambas terjadi musim pancaroba, dari selata menuju barat. Untuk musim utara masih lama namum sekali-sekali bisa terjadi. ”Tinggi ombak masih normal sekitar satu meter dan itu tidak ada masalah,” imbuhnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here