Angin Kencang, Sat Polair Ingatkan Nelayan

0
150
POMPONG bermuatan kelapa dan hasil pertanian asal Kundur akan dibawa ke Batam. f-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – Satuan Polair Polres Karimun mengingatkan nelayan dan pengguna jasa laut mewaspadai angin kencang. Kini, memasuki musim angin Utara yang rawan terjadi gelombang tinggi disertai cuaca yang tidak menentu.

”Kita mengimbau seluruh nelayan dengan berbagai jenis alat transportasi dapat mewaspadai gelombang tinggi. Demikian pengguna jasa laut, kapal kargo atau angkutan barang antarpulau,” ujar Kasat Polair Polair Polres Karimun, Iptu Sahata Sitorus kepada Tanjungpinang pos, Rabu (12/12) kemarin.

Kata dia, gelombang tinggi dan angin kencang berdampak buruk bagi kapal nelayan. Khususnya kapal berukuran kecil, atau nelayan tradisional. Jika cuaca buruk, sebaiknya menunda aktivitas menangkap ikan.

Bagi yang hendak melaut, jangan lupa memeriksa kondisi kapal apakah layak atau tidak. Serta tidak lupa, membawa kelengkapan keselamatan dalam seperti baju pelambung.

Ia menuturkan, pihaknya selalu berkordinasi dengan nelayan. Ia meminta lokasi mencari ikan jangan yang jauh, harus bisa saling melihat antara kapal lain. Sehingga apa bila terjadi sesuatu, dapat segera melakukan penyelamatan.

Hal ini penting juga, upayakan melaut di kawasan yang terdapat sinyal. Ini untuk memudahkan komunikasi antara yang di laut dengan di darat. Termasuk menghubungi instasi pemerintah saat memerlukan bantuan. Tambahnya, untuk memantau cuaca, Sat Polair Polres Karimun berkordinasi dengan BMKG Karimun.

Kemudian informasi tersebut diberitahukan kepada seluruh pengguna jasa laut, melalui pesan singkat dan alat komunikasi lainnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here