Anjing Pelacak Endus Barang Asal Malaysia

0
739
ENDUS: Anggota Pomal membawa anjing pelacak untuk mengendus barang bawaan penumpang feri asal Malaysia di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, Senin (12/6). f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Jajaran Polsek Khusus Kawasan Pelabuhan (KKP) dan Pomal turun ke Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang untuk mengecek barang bawaan penumpang asal Malaysia, Senin (12/6). Ini merupakan tindakan pencegahan masuknya narkoba ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura. Petugas pun memeriksa puluhan bungkus berbagai macam barang yang dibawa penumpang feri dari Malaysia.

Barang-barang ini mencurigakan dan rawan disisipi barang terlarang seperti narkoba. Karena itu, polisi juga menurunkan anjing pelacak untuk mengendus tiap bungkusan barang. Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengatakan, pengecekan barang-barang yang dibawa penumpang dari Malaysia juga dalam rangka antisipasi preventif masuknya narkotika.

”Ini bukan tindak pidana, karena barang-barang yang dikirim merupakan barang dari pihak keluarga,” katanya, Senin (12/6).
Kapolres menyebutkan, pengecekan dilakukan secara random. Dalam pengecekan ini juga meminta bantuan dari Pomal Angkatan Laut dalam meminjam anjing pelacak.

”Saya minta bantuan anjing pelacak dari Pomal untuk membantu memeriksa barang-barang ini. Kita juga khawatirkan ada barang terlarang,” sebutnya. Kapolsek KKP Tanjungpinang, Kompol Darmawan menyebutkan, pihaknya mencurigai salah satu penumpang lantaran bisa membawa banyak barang.

”Kita bisa sebut ini sebagai ekspedisi tidak resmi walaupun melalui pelabuhan resmi. Kita curiga ada barang narkoba makanya kita periksa dulu,” sebutnya. Soal barang-barang yang lolos masuk ke Tanjungpinang, kata Kapolsek itu buka wewenangnya pihaknya. Mereka hanya memeriksa barang yang dikhawatirkan ada narkoba.

”Ini rawan sekali ada narkoba. Sebab mereka tak mengetahui isi barang yang dititipkan,” ujarnya. Sahnadi alias Pak Haji salah satu pembawa barang menyebutkan, barang-barang ini dikirim dari Malaysia yang akan dikirim ke saudaranya di kampung.

”Ada juga yang menerima titipan barang untuk dibawa masuk ke Tanjungpinang, setiap tahun selalu membawa barang,” jelasnya.
Barang pun diamankaan ke Polsek KKP. Di sana barang rencananya akan diperiksa. Setelah dicek, jumlah barang mencapai 500 kwintal.

Isinya berbagai jenis barang keperluan kebutuhan lebaran seperti baju, makanan, barang pecah belah, elektronik dan berbagai macam lainnya. Terlihat barang-barang itu terbungkus rapi dibalut lakban dan plastik. Dari jumlah tersebut diketahui ada lima orang yang membawa dari Malaysia. Barang tersebut menurut pengakuan seseorang yang membawanya, merupakan titipan dari para TKI yang pulang dari Malaysia dengan tujuan Bawean. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here