Ansar Ahmad Ajarkan Anak Bintan Hidup Sederhana

0
692
BERI SANTUNAN: Ketua Golkar Kepri H Ansar Ahmad dan Anggota DPRD Kepri asal Bintan Dewi Kumalasari berfoto usai memberikan santunan kepada anak yatim piatu. f-istimewa

BINTAN – Mantan Bupati Bintan H Ansar Ahmad mengajarkan anak-anak di Bintan agar hidup sederhana. Karena, hidup sederhana itu merupakan kepribadian orang yang selalu bersyukur, atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

”Apalagi saat ini ekonomi kita sedang sulit. Kita biasakan hidup sederhana, dan tidak memaksakan diri untuk memiliki yang berlebihan. Spirit Ramadan selalu mengajarkan kita untuk lebih banyak beribadah dan mempererat tali silaturahmi,” kata Ansar Ahmad, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kepri, saat memberikan tausiah Ramadan di masjid Nurul Istiqomah Lobam Bestari, Kecamatan Sri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kamis (8/6) malam lalu.

Selama Ramadan, Ansar Ahmad menjelaskan, umat Islam berpuasa dari fajar/subuh hingga datangnya magrib. Sehingga merasakan rasa sakit atau payah, tanpa makan dan minum. Dalam puasa sejatinya perlu meneguhkan rasa yang berempati umat Islam terhadap kaum miskin. Terutama dengan menerapkan kesederhanaan makan dan minum, serta membelanjakan harta.

Tak jarang, pengeluaran selama bulan Ramadan jauh lebih besar dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. “Pola hidup berlebihan ini yang harus diubah menjadi hidup sederhana. Agar makna bulan Ramadan di kalangan umat muslim tidak kehilangan esensinya,” jelas Ansar.

Hidup sederhana itu, kata Ansar, bukan berarti hidup yang serba susah dan penuh penderitaan. Hidup sederhana adalah hidup yang cerdas dalam memilih, mana keinginan dan mana kebutuhan hidupnya. Sebab, tidak semua keinginan sesuai dengan kebutuhan. ”Hal-hal ini seperti ini yang harus kita ajarkan kepada anak-anak dan generasi muda di Bintan,” kata mantan Bupati Bintan dua periode ini.

Safari Ramadan DPD Partai Golkar Kepri di Lobam Bestari, Kabupaten Bintan ini dihadiri mantan Ketua LAM Bintan Achmad Umari, tokoh pemuda Bintan Indra Setiawan, Anggota DPRD Kepri dapil Bintan-Lingga Hj Dewi Kumalasari Ansar, serta beberapa alim ulama dan tokoh masyarakat lainnya. Dalam kegiatan tersebut Ansar Ahmad memberikan bantuan santunan terhadap sejumlah anak yatim piatu di Sri Kuala Lobam. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here