Antisipasi Flu Burung, Distan Cek Ratusan Unggas

0
905
CEK KESEHATAN: Petugas kesehatan hewan Distan Bintan mengecek kesehatan ayam yang dijual pedagang, di pinggir jalan di Bintan Timur, Selasa (21/3) pagi kemarin. Hingga saat ini, unggas di Bintan tidak ada mengidap flu burung.F-yendi/TANJUNGPINANG POS

KIJANG – Pemkab Bintan cemas jika terjadi penyebaran virus flu burung, sewaktu-waktu. Sebagai antisipasi penyebaran flu burung, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bintan kembali mengecek ratusan unggas dan penjualan daging di pasar kecamatan, Selasa (21/3) kemarin.

Pengecekan petugas dari Bidang Peternakan Distan dimulai sejak Senin (20/3) lalu, sampai dengan Rabu (22/3) ini. Pengecek awal dilakukan di Kecamatan Teluk Bintan, Gunung Kijang, Toapaya dan Bintan Timur. Kemudian, dilanjutkan ke Kecamatan Bintan Utara, Seri Kuala dan Teluk Sebong, Rabu pagi ini.

Baca Juga :  Distan Klaim Kesehatan Ternak di Bintan Aman

”Petugas kesehatan kami telah mengambil beberapa sampel hewan unggas (ayam), untuk diperiksa. Upaya ini sebagai antisipasi penyebaran flu burung,” kata drh Iwan Berri Prima, Kasi Kesehatan Hewan Distan Bintan, di sela pengecekan unggas di kandang ayam milik warga, di Km 22 Jalan Nusantara, Kijang, Selasa (21/3) pagi kemarin.

Selain di kandang warga, pemeriksaan lebih difokuskan kepada pedagang ayam hidup dan ayam yang sudah disembelih. Baik yang dijual di pinggir jalan maupun di pasar kecamatan. Tujuan pemeriksaan ini, jelas Iwan Berri Prima, untuk memastikan dan menjamin produk pangan asal hewan, bebas dari virus flu burung.

Baca Juga :  262 Pegolf Ramaikan Piala Presiden BLR

”Sekarang memang jarang ditemukan flu burung, tapi kita tetap waspada dan perlu diantisipasi. Dari penelitian kami, tidak ada ditemukan kasus klinis atau hewan yang mengandung virus flu burung,” tegasnya.

Meski demikian, lanjutnya, Distan Bintan tetap mengirim beberapa sampel ke Balai Besar Veteriner Bukit Tinggi, Sumatra Barat. Untuk pemeriksaan ini, petugas pengecekan kesehatan hewan menargetkan 200 sampel untuk unggas hidup, dan 50 sampel di lingkungan penjual ayam di pasar kecamatan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here