Antre KTP-el Sampai 58.000

0
768
Ruang pelayanan: Warga saat mengurus administrasi kependudukan di ruang pelayanan Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang, kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

Masih ada sekitar 58.000 masyarakat di Tanjungpinang yang belum mengantongi KTP elektronik (KTP-el). Dari data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, di Tanjungpinang ada 188.000 jiwa yang wajib ber-KTP.

TANJUNGPINANG – Mereka yang mengantongi KTP-el sudah berusia 17 tahun, bahkan lanjut usia. Karena mereka sudah melakukan perekaman KTP-el. Baik itu di empat kantor kecamatan hingga Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang berada di Jalan Kijang Lama, Km 7 Tanjungpinang.

”Yang sudah mengantongi KTP-el sebanyak 130.000 orang,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (1/11).

Baca Juga :  36 Warga Kena HIV-AIDS

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyebutkan permasalahan KTP-el dialami seluruh daerah. Saat ini, Disdukcapil Kota hanya memiliki blanko KTP-el sebanyak 7.000. Blanko KTP-el bakal berkurang. Sebab, setiap hari mencetak KTP-el untuk masyarakat Tanjungpinang sekitar 50 blanko sesuai kemampuan mesin. Karena kemampuan satu mesin untuk cetak sebanyak 50 KTP-el untuk masyarakat.

”Saat ini Disduk memakai mesin cetak Kartu Identitas Anak (KIA). Karena empat mesin yang lama sudah rusak. Sekarang empat mesin yang rusak sudah dikirim ke Disduk Provinsi Kepri agar ada perbaikan,” ucap dia.

Baca Juga :  15 Januari, Tanjungpinang Night Market Diluncurkan

Menurut Lis, Disdukcapil terus mengupayakan meminta blanko KTP-el ke Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Supaya kebutuhan KTP-el bisa terpenuhi untuk masyarakat Tanjungpinang.

”Tanggal 9 hingga 11 November ini, Kadisdukcapil akan menghadiri rakor Kementerian Dukcapil. Mudah-mudahan ada tambahan sekitar 5.000 blanko KTP-el lagi,” harap dia.

Menurut Lis, Disdukcapil juga akan mempertanyakan perselisihan data antara Tanjungpinang dengan di Kementerian. Baik itu jumlah data wajib KTP, dan yang sudah mengantongi KTP-el.

”Ada data wajib KTP yang dimiliki Disdukcapil Kota Tanjungpinang sebanyak 188.000 jiwa. Sedangkan data dari Kementerian Dukcapil hanya 145.000 jiwa. Jadi, selisih datanya 43.000 jiwa,” sebutnya.

Baca Juga :  RT Tak Dilibatkan Bagi Kupon Sembako Gratis

Sedangkan, selisih data masyarakat yang sudah mengantongi KTP-el sebanyak 4.000 jiwa. Karena data yang dimiliki Disdukcapil Kota Tanjungpinang sebesar 130.000 jiwa. Kalau dari data Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ada 126.000 jiwa yang sudah mengantongi KTP-el. ”Selisih data ini yang akan kita pertanyakan ke Kementerian nanti,” sebut dia.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here