Apa Ini Tanda Defisit Daya PLN?

0
223
Teknisi di Gardu Induk PLN Tanjunguban memantau jaringan pascagangguan interkoneksi Batam-Bintan, beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS. Di Bintan Jalan.Lintas Barat tiang lampu banyak dipasang tapi masih banyak yang gelap. di Tanjung Pinang tiang lampu sudah terpasang di KM.15 s/d tapi hampir semua lampunya padam. Ape ini tanda kita devisit daya lagi. Emangnya lampu jalan siape yang bayar? khan ade PPJ. Pasokan listrik di pulau lain gmn kabarnya.
08117776750

Jalan Gelap
Selamat siang. Saya warga kelurahan dompak. Kecamatan bukit bestari. Ingin bertanya.. kapan sekiranya pemerintah tanjungpinang mau memasang lampu jalan di wilayah kami. Khususnya jalan masuk perumahan sebelah kantor camat bukit bestari..karena sangat gelap jika malam dan becek jika hujan. Terimakasih
08117041508

TANGGAPAN:
PLN Area Tanjungpinang wilayah kerja Kepri kecuali Batam terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan. Tahun 2020 mendatang, PLN dari Selat Panjang Riau, sudah interkoneksi jaringan listrik kabel bawah laut ke Karimun. Kemudian, dari Karimun juga interkoneksi ke Tanjungbatu via kabel di bawah laut.

Kita ambil jaringan interkoneksi dari Selat Panjang Riau untuk interkoneksi ke Karimun-Tanjungbatu, karena sangat dekat. Saat ini saja, surplus daya PLN Tanjungpinang lebih dari 120 MW. Kebutuhan listrik di Karimun dan Kepri terus dan persedian PLN juga meningkat. Di Karimun kebutuhan listrik juga meningkat karena adanya pabrik timah yang dibangun di Karimun. Kalau di Bintan kita juga akan bangun PLTU di Tanjungsasah, Tanjunguban. Dijadwalkan 2019 sudah beroperasi.

Tanjungsasah nanti, bisa memproduksi listrik 30 Megawatt. Bila PLTU Tanjungsasah sudah beroperasi, maka persediaan listrik di Pulau Bintan semakin membaik. Sekarang ini masih tersedia daya 44 persen. Masih aman ke depanya. Kalau PLTU di Tanjunguban 30 MW sudah beroperasi listrik kita semakin baik.

Dua kawasan industri dan pariwisata di Bintan, yakni Lagoi dan Kawasan Industrik Lobam, saat ini sudah mengunakan listrik PLN, selama ini kedua kawasan itu mengunakan listrik pembangkit sendiri mengunakan PLTD, biayanya lebih besar. Dan, rencana ke depan PLN akan memberikan pelayan maksimal kepada pengusaha, masyarakat dan elemen yang akan melakukan penyambungan listrik. Daya yang tersedia cukup banyak mencapai 35 Megawatt, bebernya. Ia juga mengatakan, kebutuhan listrik di Pulau Bintan terus bertambah, karena akan banyak kawasan indutri terbuka. Salah satunya di Galang Batang akan di jadikan kawasan ekonomi khusus. Kawasan ini juga butuh listrik cukup banyak. Kalau tidak ada gangguan kita tidak ada lagi pemadaman karena daya berkurang.(mas)

Fauzan.
Kepala Area PLN Tanjungpinang,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here