Apa Kabar KTP-el?

0
123
Warga sedang rekam sidik jari sebagai proses pembuatan KTP elektronik di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang beberapa waktu lalu. f-andri/tanjungpinang pos

MBS Bagaimana nasibmu ktp-el, kenapa blanko selalu menjadi alasan kurang? Padahal sejak dicanangkan tiap wilayah kan sudah tau kebutuhanya berapa. Kenapa datangnya macam orang kena sakit kencing jengkolan, sikit-sikit tak tuntas2, apa nunggu dana dari setnov
085264194449

Jam 10 Sudah Tak Boleh Antre
MBS Yth bapak walikota tanjungpinang dan bapak kadis kependudukan dan pencatatan sipil kota tanjungpinanag, saya warga perbatasan kota tanjungpinanang yang mau mengurus dokumen kependuduan yaitu KTP. Beberapa hari yang lalu saya ke disduk kota saya sedikit kecewa dengan pelayanan yg di berikan, saya datang jam 10 untuk pengurusan, tetapi apa daya sampai di sana nomor antrian telah abis,dan pegawai yg duduk di meja pelayanan mengatakan datang lagi besok dan datang lebih awal besok untuk ambil nomor antrian.“ Sempat kecewa dengan sistem antrian yg dibuat, seharusnya Disduk menerima semua berkas yg dibawa masyarakat, dan kasian juga masyarakat yg lain sudah jauh-jauh datang tapi berkasnya tidak diterima. Semoga tahun depan sistem antriannya lebih baik dan masyarakat yang datang ke Disduk lebih terlayani dengan prima.
081392676543

5 Tahun KTP Tak Rampung
MBS Disdukcapil kapan selesainya penghapusan data saya dari pusat???? Sudah sangat lama saya menunggu, dan sudah 2 kali rekam e-KTP. Tapi masalahnya yang terjadi selalu muncul duplikat data. Waktu pertama sekali foto di kecamatan bukit Bestari 4 tahun yang lalu, katanya data saya duplikat dengan sidik jari suami. Sesudah 2 tahun, 2016 saya urus lagi dan sudah minta data dihapus dan oleh Disdukcapil katanya data sudah dihapus dan diminta rekam ulang. Sesudah itu saya menunggu pengambilan E-KTP di kelurahan bukit Bestari. Tetapi permasalahan nya blanko kosong. Sesudah itu e-KTP blom keluar juga saya disuruh kembali ke Disdukcapil ternyata rekam yang kedua juga duplikat. Terus saya disuruh buat surat permohonan penghapusan data dan sudah saya buat Agustus tahun 2017 dan sampai sekarang data belom dihapus dari pusat katanya. Bagaimana nasib e-KTP saya pak? Sudah 5 tahun saya menunggu. sebagai warna negara yang baik, saya butuh KTP-el
081372918274

TANGGAPAN:
Antre KTP-el di Tanjungpinang masih panjang. Tapi kini Disdukcapil Tanjungpinang sudah ada server dan komponen untuk mempercepat menyelesaikan perekaman KTP elektronik. Rekaman KTP harus selesai sebelum akhir tahun ini. Kalau , rekaman KTP-el tidak tercapai, Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) bisa mencoret DAU Pemko sebesar Rp100 miliar.

Kini ada lima ribu warga di Tanjungpinang yang belum melakukan perekaman KTP-el. Kita akui, lambatnya perekaman karena peralatan atau server yang dulu sudah tua dan sering rusak.

Sudah ada 40 ribu warga yang sudah rekaman tapi KTP-nya belum dicetak. Kemudian, masyarakat yang sudah mengantongi KTP-el baru sekitar 90 ribuan. Jumlah warga yang wajib memiliki KTP-el ada sekitar 152.498 jiwa terhitung per 31 Desember 2017.

Kita di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuat gebrakan dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Semua pelayanan Adminduk akan dilayani dengan pelayanan super cepat yakni sehari selesai atau One Day Service (ODS). Pelayanan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurus Adminduk.

Untuk pelayanan ODS mencakup untuk semua jenis pelayanan. Sedikitnya ada 22 jenis pelayanan adminduk. Mulai dari KTP-el, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta kematian dan jenis pelayanan lainnya.

Permintaan dari pemerintah pusat, daerah mesti menyediakan server untuk Disdukcapil, maka di APBD Perubahan akan dianggarkan Rp1,5 miliar. Kita prioritaskan permintaan Disdukcapil, kalau mereka butuh Rp1,5 miliar, ya kita anggarkan di APBD Perubahan ini.

Menurut Sekda, pemerintah pusat mendesak daerah agar melakukan perekaman KTP-el selesai, karena tahun depan ada kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di tahun 2019. Baik itu Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). (dri/bas)

Riono
Sekda Kota Tanjungpinang,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here