Apa Saja yang Dijual di Operasi Pasar?

0
466
Operasi pasar: Warga saat membeli beras bulog dalam operasi pasar beberapa waktu lalu. F-SUHardi/TANJUNGPINANG POS

Dimana saja lokasi operasi pasar? Apa saja yang dijual dan mengapa berasnya yg bpk gembar gemborkan lewat media kualitas medium harga premium, ternyata setelah saye beli d RPK ARMAN Bukit Cermin kok berasnya bentuknya hancur hancuran. Apa ini namanya bukan pembohongan publik spt kasusnya Ahui (Swalayan Pinang Lestari) Bisa saya buktikan!
08127769787

TANGGAPAN:
Operasi pasar diakhir tahun ini digelar dari Rabu (6/12) Senin (18/12). Beras bulog yang kita sediakan adalah beras medium yang kualitas premium. Harganya Rp 8.100 per kg. Kalau harga di pasar tradisional mencapai Rp 13.500 hingga Rp 14 ribu per kilonya.

Lokasi operasi pasar di antaranya Rumah Pangan Kita (RPK) Aira (Kelurahan Kemboja), RPK ALIF Pasar Bintancenter (Kelurahan Air Raja) & Simpang Lapangan Bola Hang Lekir (Kelurahan Batu 9), RPK Dewi Pasar Baru (Kelurahan Tanjungpinang Kota), RPK Arman Gang Bukit Cermin (Kelurahan Bukit Cermin), RPK Sigit Depan Waterboom (Kelurahan Batu 9), RPK Narno Jalan Salam (Kelurahan Sei Jang) dan mobile depan Kantor Lurah Sei Jang.

Operasi pasar ini dibuat karena permintaan beras biasanya meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru. Bulog dan Disperindag tidak membatasi warga untuk membeli, asal jumlah yang dibeli amsih dalam tingkat kewajaran. Tak boleh juga diborong dengan jumlah puluhan karung. Ya kita lihat di lapangan yang datang membeli memang orang boleh dikatakan keluarga menengah ke bawah

Kita Diindtruksikan oleh Menteri Perdangangan, agar melakukan operasi pasar beras murah sampai 31 Desember mendatang. Operasi Pasar ini tidak hanya digelar di Tanjungpinang saja, tapi di berapa daerah di Kepri juga digelar operasi pasar beras murah. Salah satu tujuannya, agar pasokan beras cukup dan harganya tidak naik menjelang Natal dan Tahun Baru.

Harga beras saat ini cenderung mengalami ketidakstabilan harga dan terjadi lonjakan harga sebesar 10 persen di tingkat konsumen dalam kurun waktu satu minggu. Kejadian ini, terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia. Karena itu, Bulog memiliki tanggungjawab untuk mengendalikan sejumlah komoditas.

Ini tugas kami untuk menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Operasi pasar digelar dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok, sekaligus menjamin ketersediaan beras menjelang natal dan pergantian tahun baru 2018

Untuk stok beras di gudang bulog saat ini mencapai 2.000 ton, dan stok beras ini cukup memenuhi kebutuhan masyarakat di 5 (lima) kabupaten/kota se Provinsi Kepri, yakni Kabupaten Bintan, Lingga, Anambas, Natuna, dan Kota Tanjungpinang, jadi tidak ada alasan harga beras naik karena Natal dan Tahun Baru. Lagi pula sudah ada pemberlakuan HET dari Permendag.

Paska diterbitkan HET, beras medium agak sulit ditemukan di pasaran, imbasnya menyulitkan masyarakat. Karena itu, untuk menjamin kualitas beras medium dan mengendalikan kenaikan harga beras, maka pihaknya ambil tindakan menggelar operasi pasar beras. Dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir, karena stok beras lebih dari cukup, sehingga harga terkendali dan tidak ada kenaikan.

Kita wajib amankan program pemerintah terhadap ketahanan pangan. Dia berharap dari lintas pemerintah, tim operasi pasar, dan satgas pangan untuk bersama-sama memantau serta mengamankan kegiatan ini agar berjalan sukses.

Selain beras, Bulog juga menyiapkan persediaan gula pasir merek kemas ”manis kita” dalam kemasan dan minyak goreng kemasan standing pouch dengan harga eceran tertinggi Rp 12.500/Kg.

Operasi pasar juga dilaksanakan dengan secara mobile di sejumlah titik yang disinyalir adanya lonjakan harga. Untuk informasi wilayah mana yang akan dilaksanakan operasi pasar, Bilog akan menyiarkan setiap hari di RRI.(bas)

Jaka Santoso
Kepala Bulog Tanjungpinang,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here