APBD 2017 Baru Terserap 13,25 Persen

0
234
Kamarudin Ali

Dewan Minta Evaluasi Kinerja Pengelolaan Keuangan

LINGGA – REALISASI anggaran pembangunan seluruh program kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga hanya mencapai 13,25 persen 2017.

Salah satu penyebabnya, lambatnya program pembangunan dilakukan akibat pencairan anggaran yang tersendat. Untuk itu, Wakil Ketua I DPRD Lingga Kamarudin Ali meminta Bupati Lingga Alias Wello untuk mengevaluasi kinerja OPD-nya.

”Bupati perlu melakukan evaluasi pejabat yang bersangkutan dibagian keuangan. Keterlambatan pencairan salah satu sebab lambatnya program pembangunan dilakukan oleh OPD terkait,” kata Kamarudin Ali, Senin (22/5).

Ia menjelaskan, bila kondisi ini terus dibiarkan dikhawatirkan hingga akhir dahun ini, program pembangunan yang telah dianggarkan dalam APBD Lingga tidak berjalan dengan maksimal.
Bila hal itu terjadi, maka dampaknya akan merusak citra Pemkab Lingga secara keseluruhan.

”Kalau daya serap pembangunan tidak sampai 75 persen hingga akhir tahun, maka target Bupati Lingga untuk mendapatkan predikat tanpa pengecualian dari BPK tidak akan tercapai,” jelas Kamarudin.

Selain itu, berbagai program pembangunan untuk rakyat juga akan tersendat.

Ia menyoroti kinerja OPD dalam pengelolaan keuangan, dan menilai pimpinan OPD yang belum maksimal melakukan program kerja yang telah ditetapkan. Hal ini harus menjadi perhatian Bupati Lingga, untuk segera mengganti pimpinan OPD yang tidak mampu melakukan tugas yang dibebankan.

”Harus ada upaya melakukan evaluasi menyeluruh untuk pimpinan OPD,” tegasnya

Ia berharap, dengan dilakukan evaluasi akan menempatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang benar-benar mampu melaksanakan beban tugas yang diberikan.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here