APBD-P 2017 Meningkat 5 Persen

0
703
Aswandi

ANAMBAS – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017 mengalami peningkatan sekitar 5 persen. Peningkatan tersebut, didapatkan dari anggaran tunda salur dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah (Pemda). Kenaikan anggaran APBD tersebut, juga ditambah dari pendapatan lain dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Diketahui APBD Anambas tahun 2016 berkisar Rp 894,2 miliar, sedangkan realisasi anggaran tahun 2016 berkisar Rp 795,3 miliar atau 88,94 persen. Artinya, ada sisa anggaran sekitar sekitar Rp 97,8 miliar. Hal itu disampaikan Bupati Anambas Abdul Haris pada rapat paripurna pertanggungjawaban APBD 2016 kemarin. Sedangkan, pada anggaran perubahan tahun ini mengalami kenaikan sebesar 5 persen.

”Anggaran itu bersumber dari anggaran tunda salur, yang mestinya di salurkan pada tahun yang lalu. Makanya mengalami peningkatan pendapatan, ada juga pendapatan lain dari PAD,” ujar Abdul Haris. Ketika dikonfirmasi kepada Kepala Bagian Keuangan Daerah (BKD) Aswandi mengatakan, tidak bisa memberikan keterangan secara rinci berapa angka peningkatan APBD tersebut.

Alasannya, saat ini masih dilakukan penghitungan dan penyusunan anggaran untuk dibahas di paripurna APBDP bersama DPRD beberapa minggu mendatang. Oleh sebab itu, ia hanya bisa memberi gambaran terkait peningkatan anggaran itu sebesar 5 persen. Mengenai anggaran Dana Alokasi Umum (DAU), anggaran desa tidak mengalami kenaikan. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here