APBDP Akhirnya Disahkan

0
76
BUPATI Natuna Hamid Rizal saat menerima Buku Perda APBDP 2018 pada Rapat Paripurna Pengesahan APBD-P 2018. F-ISTIMEWA

NATUNA – DPRD Natuna menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi terhadap rancangan APBD-P Kabupaten Natuna 2018, Ahad (30/9). Pada rapat ini, proses penyusunan APBD menjadi sorotan seluruh fraksi.

Sebelum acara dimulai, acara diawali dengan prosesi mengheningkan cipta untuk bencana alam gempa dan sunami korban serta korban Sulawesi Tengah dipimpin langsung oleg Ketua DPRD Natuna Yusripandi.

Hadir pada acara itu Bupati Natuna Hamid Rizal dan wakilnya Ngesti Yuni Suprapti, Sekdakab Natuna Wan Siswandi seluruh FKPD, OPD ketua KPU Natuna dan tokoh agama serta rokoh masyarakat.

Ketua DPRD Natuna Yusripandi dalam pengatarnya menegaskan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah UU nomor 3 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Pengesahaan APBD-P merupakan salah satu amanat dari konstitusi negara.

”Rapat ini telah kami nyatakan kuorum, dan dengan ini kami persilahkan seluruh fraksi untuk menyampaikan pandangan akhirnya,” kata Yusri mempersilahkan fraksi DPRD Natuna untuk menyampaikan pandangannya berurut dimulai dari fraksi Partai Demorat, Farkasi PAN, Fraksi PPP dan Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat (FPNR).

Seluruh fraksi DPRD menyetujui rancangan APBD-P yang disampaikan pemerintah, untuk disahkan sebagai APBDP 2018 dengan besaran anggaran sebesar Rp983 miliar.

Sebelumnya, APBD Murni ditetapkan sebesar Rp1,015 Triliun dan pada APBD-P anggaran ini berkurang sebesar Rp31 miliar. Sehingga, pada APBD-P 2018 menjadi Rp983 miliar. Namun begitu, seluruh fraksi menyampaikan sejumlah saran dan pendapat kepada pemerintah mengenai kegiatah pemerintah pada tahun berjalan.

”Kami menekankan kepada pemerintah agar lebih teliti dalam menyusun RAPBD. Pemerintah harus berasumsi yang tepat dalam meyusun estimasi anggaran agar tidak terjadi defisit di pertengan tahun berjalan. Kami juga menekankan kepada pemerintah memingkatkan daya kontrolnya terhadap pembangunan-pembangunan dengan mega anggaran,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrat, Dwitra Gunawan.

Bupati Natuna, Hamid Rizal menyampaikan apresiasinya juga kepada DPRD Natuna atas kerjasamanya yang baik. Ia berjanji akan menunaikan seluruh saran dan pendapat DPRD yang disampaikan pada rapat itu.

”Besok saya akan mengumpulkan seluruh OPD, kami akan menggelar rapat sebagai salah satu respon atas saran-saran yang diberikan DPRD. Mudah-mudahan ke depan kita tidak defisit lagi,” pungkasnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here