APDB Kecil, Daya Serap Anggaran Rendah

0
529
H Alias Wello

Bupati Kabupaten Lingga H Alias Wello sorot tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang daya serapnya rendah pada anggaran Tahun 2017 lalu.

LINGGA – Tiga OPD yang dimaksudnya yakni Bagian Tata pemerintah (Tapem), yang penyerapannya hanya 71,30 persen. Berikutnya RSUD Dabo 75,49 persen dan Dinas Sosial Pemberdayaan, Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Lingga dengan penyerapan hanya 77,87 persen. Akibatnya, daya serap anggaran Pemkab Lingga tahun 2017 turun dibandingkan tahun 2016.

”Secara umum, pada tahun 2017 daya serap anggaran hanya 90 persen turun dari tahun 2016 yakni sebesar 93 persen dan itu jauh dari harapan kita. Tahun 2017 betul-betul kita tidak bekerja dengan maksimal. Pelayanan di masyarakat kurang, masih banyak keluhan di sana sini,” kata Bupati yang akrab disapa Awe ini, Kamis (18/1).

Baca Juga :  Ribuan Orang Meriahkan Pawai Taaruf MTQ

Awe merasa heran dengan menurunnya daya serap anggaran yang telah diberikan OPD terkait. Menurtnya, dengan ketersedian uang untuk melaksanakan program kegiatan tidak ada alasan tidak dapat mengunakan anggaran yang telah disusun.

”Duit sudah ada, program sudah ada. Jadi kenapa ini tidak terserap dengan maksimal. Ke depan di tahun 2018 ini harus dirubah. Memang tidak mudah. Saya sudah saya sampaikan, kalau tidak mampu bekerja silakan undur diri,” sebutnya.

Ia memastikan dan memberi sinyal kepada pejabatnya, bahwa diakhir Januari 2018 akan ada reposisi dan evaluasi ulang hasil kinerja para pejabatnya. Sehingga, bagi pejabat yang memiliki produktivitas dan capaian kinerja yang bagus akan tetap memiliki jabatan. Namun bagi yang tidak, dengan sangat menyesal ia menegaskan akan tidak diberi jabatan sama sekali alias nonjob.

Baca Juga :  Warga Singkep Selatan Minta Bangun SMAN

”Displin. Displin adalah hal yang utama. 2017 memang pengawasan sangat kurang. Ini yang menyebabkan capaian kinerja kita kurang. Maka itu disiplin saya tekankan. Buktinya sudah ada yang diberikan sanksi karena tidak mengikuti apel kemarin. Saya bukan mau mencari nama, tapi ini lah kenyataannya,” imbuhnya.

Awe sangat mewanti-wanti pejabatnya, agar selalu berupaya dengan maksimal menyelenggarakan program pembangunan yang berasa dampaknya bagi masyarakat.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here