APK Caleg Belum Terpasang, Parpol Kritik KPU

0
31
KPU Kota Tanjungpinang sedang mengecek APK di depan gudangnya berada di Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas Tanjungpinang, baru-baru ini. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

Masa Kampanye Caleg Sudah Dua Bulan Lebih

Ketua DPD Partai NasDem Kota Tanjungpinang mengkritik penyelenggarah pemilu yang belum memasang alat peraga kampanye calon legislatif.

TANJUNGPINANG – Kritikan tersebut atas kinerja KPU yang terbilang lamban. Pasalnya sejak ditetapkan daftar calon tetap pemilu legislatif 2019 beberapa waktu lalu, hingga kini alat peraga kampanye (APK) masih belum terlihat terpasang.

Adapun alat peraga kampanye para calon legislatif tersebut difasilitasi oleh KPU. Bahkan sudah dua bulan masa kampanye berlalu, tapi di Tanjungpinang suasana menyambut pesta demokrasi masih sepi, lantaran belum adanya atribut caleg yang dipasang oleh penyelenggara.

”Ya, sesuai aturan PKPU 2018 nomor 7, APK bagi caleg sehari setelah ditetapkan sebagai daftar calon tetap telah dibolehkan untuk memasang APK bagi caleg,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap, pihak KPU untuk secepatnya memasang APK caleg. Sehingga masyarakat Tanjungpinang dapat melihat dan menentukan pilihan untuk anggota legislatif lima tahun ke depan.

”Sudah dua bulan masa kampanye. Parpol dan caleg yang dirugikan,” kata Bobby

Sambung dia, para parpol dan caleg mau memasang sendiri, tidak boleh dan caleg dan parpol masih baik hati menaati aturan yang berlalu.

Ia mendesak agar KPU segera memasang atau membagikan APK ke partai politik untuk dipasang sesuai titik yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

Mantan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, melihat pesta demokrasi mestinya harus disambut dengan meriah. Dengan hadirnya APK, baik baliho, spanduk dan umbul-umbul, salah satu cara menyambut pesta demokrasi tersebut. Ia juga bandingkan beberapa daerah, justru APK sudah banyak di pasang oleh KPU bahkan oleh caleg itu sendiri.

“Yang rugi, kami partai politik dan caleg. Hal ini bukan hanya dirasakan oleh Partai NasDem tapi saya rasa juga dirasakan oleh partai lainnya, berharap agar KPU segera memasang APK caleg dari masing-masing parpol peserta pemilu 2019 mendatang,” ujarnya.

Kata Bobby, mestinya yang namanya pesta, hanya ada dua dalam pikiran kita. Pertama pestanya ramai atau tidak. Termasuk kita menghadapi pesta demokrasi, mestinya pesta demokrasi harus ramai dengan adanya APK yang terpasang di tengah masyarakat, sesuai ketentuan yang berlaku.

”KPU harus bekerja propesional, jangan membuat parpol dan caleg menderita, karena waktu kampanye tinggal berapa bulan ke depan,” harapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Tanjungpinang, Yusuf Mahidin, mengatakan memang KPU belum menyerahkan APK ke partai politik, karena disebabkan beberapa faktor. Menurutnya, sebagian APK parpol sudah tiba di Tanjungpinang. KPU saat ini sedang melihat kondisinya. Setelah diperiksa ada yang robek dari percetakan. Ada yang salah cetak. “Yang mencetak adalah KPU pusat, kita hanya menerima. Bahannya dari KPU Kota yang diserahkan parpol,” ujarnya. (ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here