Apri-Dalmasri Berpesan Sukseskan Pemilu

0
150
BUPATI Bintan H Apri Sujadi menyerahkan insentif operasional RT dan RW, Senin kemarin. F-ISTIMEWA

Naik Rp100 Ribu, RT/RW Terima Insentif Triwulan I

Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wakil Bupati H Dalmasri Syam berpesan, agar pejabat RT dan RW turut menyukseskan Pemilu 2019 ini. Pesan itu disampaikan Apri-Dalmasri di sela penyerahan insentif operasional triwulan pertama tahun anggaran 2019, kepada pejabat RT/RW, Senin (8/4) kemarin.

BINTAN – DANA insentif operasional bagi RT dan RW di desa/kelurahan ini diserahkan di dua tempat berbeda. Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam menyerahkan insentif operasional RT/RW di aula kantor Camat Toapaya, Senin pagi. Insentif operasional diberikan untuk RT/RW di Kecamatan Teluk Bintan, Toapaya dan Gunung Kijang.

Sedangkan Bupati Bintan H Apri Sujadi menyerahkan insentif operasional RT/RW ini di aula kantor Camat Bintan Timur, Senin siang kemarin. Insentif operasional ini ditujukan untuk RT/RW di Kecamatan Mantang, Bintan Pesisir dan Kecamatan Bintan Timur.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, peran RT/RW sangat penting. Karena, RT/RW merupakan garda terdepan dalam pembangunan desa maupun kelurahan, selain sebagai pelayan masyarakat. Peningkatan kualitas serta kesejahteraan bagi RT/RW menjadi satu faktor pendorong, suksesnya program pembangunan tersebut. Justru itu, peran dan fungsi ketua dan perangkat RT/RW mesti dimaksimal.

”Kami dari Pemkab Bintan, tahun ini menaikkan kembali insentif operasional RT/RW ini sebesar Rp100 ribu. Kita berharap agar ini menjadi motivasi dalam menjalankan tugas dan fungsi tadi. Termasuk peran dalam menyukseskan agenda nasional, Pemilu 2019 ini,” kata H Apri Sujadi.

Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam mengatakan hal yang sama. Wabup menyampaikan, ketua dan perangkat RT/RW sangat membantu kelancaran tugas-tugas pemerintah di tingkat bawah. Baik dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, maupun menyukseskan program pemerintah.

Seperti pelaksanaan Pemilu 2019 ini, peran RT/RW sangat besar. Terutama mendeteksi dini dari gejolak sosial, yang bisa menggagalkan pesta demokrasi. Justru itu, RT/RW juga wajib menyukseskan Pemilu 2019 ini.

”Insentif triwulan pertama sudah diterima. Nah, sekarang mari kita sukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 ini. Bantu sosialisasikan kepada warga, agar ke TPS untuk menggunakan hak pilih, pada tanggal 17 April nanti,” jelas H Dalmasri Syam.

”Terus, jaga kamtibmas di lingkungan RT/RW. Agar situasi tetap aman, damai dan kondusif,” sambungnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menerangkan, untuk operasional RT/RW, LPM, operasional BPD di desa, dianggarkan melalui APBDes. Sedangkan insentif RT/RW dan LPM di kelurahan dialokasikan melalui APBD Bintan.

Penyerahan insentif operasional RT/RW triwulan pertama di 36 desa dan 15 kelurahan ini sebanyak 809 orang. Masing-masing menerima Rp550 ribu per bulan, atau Rp1,650 juta untuk tiga bulan. Total yang serahkan untuk keseluruhan 809 RT/RW per triwulan ini mencapai Rp1,334 miliar.

Sedangkan, untuk operasional LPM desa/kelurahan sebanyak 51 LPM. Masing-masing diberikan Rp2,65 juta, total per triwulan mencapai Rp135,15 juta. Untuk operasional BPD, masing-masing menerima sebesar Rp7,5 juta per triwulan, total untuk 36 desa itu sebesar Rp270 juta.

Selain itu, karang taruna di desa turut dianggarkan operasionalnya melalui APBDes, masing-masing Rp5 juta per tahun. Sedangkan Posyandu di desa juga diberikan operasional sebesar Rp2 juta per tahun. Seluruh RT/RW juga diproteksi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

”Kita berharap agar RT/RW membuat laporan dari penggunaan operasional ini, sesuai dengan ketentuan yang ada. Semua pengeluaran dilampirkan dengan bukti kwitansi,” demikian diharapkan Ronny Kartika.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here