Apri-Dalmasri Mewaspadai Harga dan Teroris

0
302

Arus Mudik Lebaran, Dua Pelabuhan Dijaga Ketat

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam kembali mewaspadai kenaikan harga bahan pokok, serta tindakan teror menjelang lebaran Idul Fitri ini. Hal yang diwaspadai menjelang lebaran ini, dibahas Apri-Dalmasri bersama forum FKPD dan sejumlah OPD terkait, Kamis (7/6) kemarin.

Rapat kordinasi dengan sejumlah pimpinan FKPD dan OPD ini dilaksanakan di pusat pemerintahan Bandar Seri Bentan. Dalam pertemuan tertutup itu dibahas tentang beberapa isu strategis menyambut lebaran Idul Fitri 1439 hijriah, di wilayah Kabupaten Bintan. Terutama yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, keamanan daerah serta kenyamanan investasi dan pariwisata.

Hal yang pertama, kata Bupati Bintan H Apri Sujadi, dirinya meminta agar seluruh stakeholder memastikan ketersediaan bahan pangan, agar selalu tersedia sesuai dengan permintaan pasar. Sehingga, tidak ada komoditi yang mengalami kenaikan harga yang signifikan.

”Beberapa hari menjelang lebaran Idul Fitri, kita sama-sama turun ke pasar. Guna memantau ketersediaan bahan pangan, dan mewaspadai kenaikan harga. Kondisi terakhir ini, pengendalian harga bahan pokok masih stabil,” tegas H Apri Sujadi, usai rakor forum FKPD.

Kedua, lanjut H Apri Sujadi, Pemkab Bintan juga konsentrasi mengantisipasi keamanan bagi pengendara di Kabupaten Bintan. Hal ini menjadi perhatian Pemkab Bintan, karena kecelakaan lalu lintas di jalan Lintas Barat, sudah banyak memakan korban. Dinas Perhubungan serta Dinas Kesehatan diminta berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, agar mensiagakan petugas. Baik ke arah kawasan pariwisata Lagoi maupun arah menuju wisata pantai timur Trikora.

”Untuk petugas kesehatan, mungkin lebih khusus ditugaskan pada H-3 hingga H+7 Idul Fitri. Di waktu ini perlu disiagakan petugas yang stand by 24 jam, di beberapa titik Puskesmas. Khususnya di jalur pariwisata Lagoi dan Trikora,” terang H Apri Sujadi.

Yang menjadi atensi lebih penting, tambah H Apri Sujadi, Pemkab Bintan mewaspadai akses transportasi pada masa arus mudik lebaran, yang diperkirakan mulai membeludak, Sabtu (9/6) besok. Karena, sudah memasuki waktu cuti bersama.

Bupati menerangkan, dari hasil rakor FKPD, titik pantau arus mudik akan terfokus di dua pintu masuk pelabuhan. Yaitu di Pelabuhan Bulang Linggi, pelabuhan roro dan pelabuhan internasional Tanjunguban, di Kecamatan Bintan Utara. Selain di Bintan Utara, titik pantau yang menjadi atensi yaitu di Pelabuhan Sribayintan Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

”Kita minta beberapa petugas benar-benar standby di dua titik pelabuhan ini. Tujuannya, untuk mengantisipasi agar beberapa kejadian teror di daerah luar, tidak terjadi di Bintan atau Kepri. Teroris dan peredaran narkoba menjadi perhatian utama,” ujar H Apri Sujadi.

”Ya, selama arus mudik dan arus balik nanti, dua pelabuhan di Bintan harus dijaga ketat,” sambungnya. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here