April, BEM UMRAH Gelar Festival Maritim

0
607
Peserta Kapal Pemuda Kepri saat memantau daerah maritim Kepri dari KRI Teluk Ende 517 di wilayah perbatasan, belum lama ini. F-dok/tanjungpinang pos

DOMPAK – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang tahun ini akan menggelar Festival Maritim 2018 yang ditargetkan digelar pada bulan April mendatang.

Rencana itu akan melibatkan elemen mahasiswa UMRAH sendiri serta masyarakat dan instansi terkait lainnya. Dalam hal ini, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMRAH juga sedang mempersiapkan rancana tersebut agar terselenggara dengan baik.

”Sesuai visi misi UMRAH yang membangun kemaritiman di Kepulauan Riau (Kepri), maka, Festival Kemaritiman nantinya ada expo usaha yang bertemakan kemaritiman oleh masyarakat dan mahasiswa,” ujar Muhammad Saputra, Ketua BEM UMRAH, Jumat (2/2).

Putra menambahkan, Festival Maritim juga mengajak pihak TNI Angkatan Laut untuk berpartisipasi membesarkan gaung jalannya event tersebut. Menurutnya, Festival Maritim yang direncanakan ini merupakan yang pertama kalinya di tingkat universitas walau sebelum-sebelumnya pernah diselenggarakan di tingkat fakultas oleh Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) pada tahun lalu.

Putra mengungkapkan, pada Festival Kemritiman juga ada beberapa agenda seperti perlombaan yang juga bertemakan seputar sektor kemaritiman. ”Untuk pemenang lomba nantinya, kita akan libatkan untuk bergabung dalam kegiatan seperti ekspedisi ke daerah-daerah perbatasan di Kepri untuk menjadi volunter,” terang Putra yang merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Ia berharap, apa yang sedang direncanakan ini dapat berjalan tanpa ada kendala nantinya. Sehingga, event Festival Kemaritiman ini ditargetkan pelaksanaannya pada bulan April 2018. Untuk itu, agar terselenggara dengan baik pihaknya menjalin kerja sama dengan Kementerian Kemaritiman serta melibatkan unsur Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lingkup Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Pada Desember tahun 2017 lalu, UMRAH juga melaksanakan kegiatan talk show Deklarasi Juanda dan di dalamnya ada pemberian penghargaan kepada duta maritim di kampus.

Selain itu, juga ada deklarasi mahasiswa maritim hingga peresmian tugu yang melibatkan TNI Angkatan Laut, Akademisi, Praktisi Kemaritiman serta Bidang Kemaritiman Kadin Kepri.

Sebagai daerah maritim, rencana yang akan digelar pihak UMRAH Tanjungpinang tersebut sangat baik sekaligus memperkenalkan potensi kemaritiman di provinsi ini. Terlebih Kepri memiliki lautan yang sangat luas dan 96 % dari luas Kepri. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here