Arus Mudik Didominasi TKI Malaysia

0
913
TINJAU : Wawako Batam, Amsakar meninjau lokasi titik banjir, pekan lalu.f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Batam akan memasuki puncak arus mudik mulai H-10. Namun untuk tenaga kerja Indonesia, khususnya dari Malaysia, mulai memenuhi Bandara Hang Nadim, Batam. TKI asal Malaysia mendomonasi arus mudik Hang Nadim, Sabtu (10/6). Sebagaimana disampaikan GM Operasional Bandara Hang Nadim, Suwarso di Batam, secara umum saat ini arus mudik masih sepi. Namun diantara penumpang yang ada saat ini, masih dominan TKI.

”Memang masih sepi, kan belum arus mudik. Tapi saudara-saudari kita dari Malaysia sudah mulai banyak. Mereka mendominasi penumpang di Hang Nadim,” ungkap Suwarso. Disampaikan, TKI asal Malaysia menjadikan Batam sebagai tempat persinggahan sebelum menuju daerah asal. Para TKI itu tiba di Bandar Hang Nadim, biasanya rombongan.

Baca Juga :  UAS Satukan Pejabat BP dan Pemko

”Mereka dari Malaysia menggunakan jalur laut menuju Batam. Baru dari Batam, mereka akan terbang menuju daerah asal,” katanya. Diakui, umumnya TKI yang melalui Batam saat jelang lebaran seperti saat ini, tujuannya sebagian besar ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB dan lainnya. Untuk membantu para TKI, pihak banara diakui sudah menyiapkan segala sesuatunya, agar pemudik merasa nyaman.

”Walau arus mudik masih sepi, tapi kita tambah petugas, untuk membantu TKI. Kita sudah ada penambahan petugas Avsec,” sambungnya. Suwarso memperkirakan, arus mudik akan meningkat mulai H-10 Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga :  Wawako Optimis Pelayanan RSUD Batuaji Membaik

Perkiraan itu terlihat dari permintaan penambahan penerbangan. Diantaranya yang dilakukan Lion Air, yang mengajukan tambahan penerbangan Batam-Padang, Batam-Surabaya jadi lima kali sehari, Batam-Pekanbaru empat kali sehari, Batam-Yogyakarta tetap satu kali tambahan sehari.

Selain Lion Air, Citilik juga sudah mengajukan tambahan penerbangan empat tujuan yaitu Batam-Surabaya, Batam-Palembang, Batam-Padang, dan Batam-Kualanamo Medan beberapa hari menjelang Lebaran. Tidak hanya maskapai penerbangan, operatort telekomunikasi juga memberikan perhatian. Sejumlah operator telekomunikasi meningkatkan pelayanan, seperti Telkomsel dan Smartfren.

Untuk Smartfren, Manager support regional North Sumatera Yoga Permana mengatakan, pihaknya melakukan langkah optimasi jaringan. ”Kita melakukan optimasi jaringan di daerah yang dianalisa akan mengalami peningkatan traffic,” katanya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here