Asah Pelajar Menuju Popda, Punya PPLP Sepak Takraw

0
1187
ATLET Popda cabor sepak takraw Bintan berfoto bersama Angga Kuok wasit internasional sepak takraw, sekaligus pelatih tim Popda Bintan, saat menjalani pemusatan latihan di Mantang, baru-baru ini.f-yendi/tanjungpinang pos

Angan-ANGAN Angga Kuok Wasit Internasional dari Bintan

BINTAN – Tak sia-sia ketika Kabupaten Bintan memiliki seorang guru olahraga, sekaligus sebagai wasit sepak takraw internasional, berlisensi ASTAF (Asia). Sebelum memimpin pertandingan di Asian Games 2018 nanti, Fahresi Angga Gunawan yang biasa dipanggil Angga Kuok ini, juga mempersiapkan tim sepak takraw Popda Bintan.

Angga Kuok sehari-hari bertugas sebagai guru olahraga, di Sekolah Dasar (SD) Negeri 009 Bintan Timur. Namun di sela waktu senggang, PNS yang diangkat tahun 2008 ini menjadi tim pengadil (wasit) untuk cabang olahraga. Awalnya, Angga Kuok hanya mengikuti pelatihan wasit di tingkat daerah. Namun, di tahun 2015 ia mengikuti pelatihan dan lulus sebagai wasit nasional.

Baca Juga :  Lulus, Pelajar Ungkal Bikin Warga Geram

Kemudian, Angga dipanggil untuk mengikuti pembekalan dan seleksi untuk mendapatkan lisensi ASTAF, yang sudah level internasional di Asia. Ia lulus dan bangga. Karena, di Provinsi Kepri, hanya ada satu orang wasit sepak takraw internasional. Itu pun berasal dari Kabupaten Bintan. Sementara, di Provisi Riau maupun Sumatra Barat sebagai provinsi tetangga, belum ada wasit berlisensi internasional.

Meski demikian, Angga Kuok lulusan S1 FKIP jurusan Penjas di UIR ini, tetap memberikan perhatian di level bawah. Terutama dalam pembinaan di kelompok pelajar. Hasilnya cukup terbukti, ketika 100 atlet sepak takraw pelajar se-Kabupaten Bintan mengikuti seleksi, baru-baru ini. Tujuh dari 14 atlet binaan Angga Kuok lulus, untuk menjalani pemusatan latihan berjalan.

Baca Juga :  Ipemi Kepri Raih Dua Penghargaan Nasional

Anehnya, Angga Kuok justru membina atlet di daerah pulau. Tujuh atlet binaannya, berasal dari Kecamatan Mantang. Dengan sarana yang minim dan berada di daerah pulau, Angga tetap membina tujuh atlet ini.

”Saya mengasah pelajar ini untuk tim sepak takraw Popda Bintan. Tahun 2018 ini, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Provinsi Kepri, dilaksanakan di Kabupaten Lingga,” kata Angga, di sela jam istirahat sekolahnya, Selasa (16/1) kemarin.

Dari tujuh atlet yang dibina Angga, 2 orang merupakan pelajar SMA. Sedangkan 5 atlet lainnya, masih duduk di bangku SMP. Selama menjalani pembinaan dan pemusatan latihan untuk mempersiapkan tim Popda Bintan ini, Angga tidak mendapatkan kendala secara teknis.

Baca Juga :  Apresiasi di HPN 2020, Polres Bintan Beri Kue ke PWI dan FJB

”Kita cuma sedih, sarana dan prasarana sepak takraw tidak pernah jadi perhatian dan diprogram oleh dinas terkait. Saya sangat berangan, di Kabupaten Bintan ini punya PPLP,” ujar pria kelahiran Kampar, 26 April 1984 ini.

Bagi Angga Kuok, beberapa cabor lain juga memerlukan PPLP. ”Saya ingin berbuat dan mewujudkan angan-angan itu. Tapi apa lah daya,” tutur. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here