Aset Sacofa Diambil Alih PT SSU

0
662
BANGUNAN kantor PT Sacofa Indonesia yang ditutup oleh Pemerintah RI tahun lalu. F-istimewa

PT Super Sistem Ultima (SSU) resmi mengambil Alih seluruh Aset PT Sacofa Malaysia yang resmi ditutup Pemerintah Pusat karena tidak memiliki izin lengkap pada tahun 2017 silam.

ANAMBAS – Bahkan, saat penutupan kala itu dipimpin langsung Gatot Nurmantyo yang saat itu masih menjabat Panglima TNI.

Selain mengakuisis aset, PT SSU juga mengambil alih jaringan dan memperluasnya hingga ke Batam dan Singapura. Sebelumnya, PT Sacofa hanya jaringan dari Mersing-Anambas-Natuna-Kuching.

Bahkan, menurut Marshal Jah Jah Direktur PT SSU, beroperasinya perusahaan ini akan menjadikan Indonesia salah satu pintu gerbang telekomunikasi di Asia dan fokus sebagai katalisator telekomunikasi dan akses internet.

Jefrizal Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) KKA mengatakan, tujuan kedatangan PT SSU ke Anambas untuk menyampaikan telah mengambil alih aset PT Sacofa.

Selain itu, PT SSU juga mendapatkan rekomendasi dari Menkopulhukam yang menyatakan aset eks Sacofa sudah diakuisisi oleh PT SSU.

”Mereka telah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Anambas, dan menyampaikan keinginan untuk beroperasi di wilayah ini. Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Kamis (1/2). Sebelumnya, pihak PT SSU juga sudah berkunjung ke Natuna untuk mengurus izin yang menjadi Kewenangan daerah di sana dan bertemu dengan Muspida di sana,” kata Jefrizal, Jumat (2/2).

Jefrizal menambahkan, dari pemaparan yang disampaikan langsung oleh direkturnya Marshal Jah Jah PT SSU ini murni perusahaan Indonesia yang tidak ada hubungannya dengan PT Sacofa.

Hadirnya PT SSU ini, Pemda berharap dapat membantu jaringan telekomunikasi di Anambas yang sanga memprihatinkan. ”Jaringan Komunikasi yang baik sebagai daerah perbatasan akan dapat terjaga dengan baik,” harapnya.

PT SSU, lanjut Jefrizal, direncanakan akan membuka Kantor Cabang di Anambas. Namun sebelumnya, akan melaksanakan pengurusan izin yang menjadi kewenangan daerah seperti SITU, SIUP, TDP serta akte perusahaan cabang.

Pada pertemuan itu, lanjut Jefrizal, Bupati Anambas Abdul Haris SH menyampaikan dengan adanya PT SSU dapat meningkatkan kemajuan teknologi di Anambas.

”Yang pertama disampaikan pak Bupati itu, PT tersebut dapat memberikan konstribusi CSR kepada masyarakat di bidang TIK. Sehingga, mampu mempercepat akses telekomunikasi dan akses intetnet, dengan menyediakan akses internet di area publik guna mendukung komunitas IT di Anambas,” sebutnya.

Sehingga, PT SSU mendukung Pengembangan SDM di bidang IT seperti beasiswa dan pelatihan. Menyediakan akses perpustakaan digital sekolah serta memberikan akses internet untuk mendukung e-Government di bidang kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik.

Selain itu, apabila ada kegiatan masyarakat juga menjadi sponsor dan partnership Pemda. ”Beberapa permintaan yang disampaikan pak Bupati mereka sanggupi, dan akan disampaikan manajemen di pusat,” ungkapnya.

Jefrizal sangat berharap, hadirnya PT SSU dapat membantu peningkatan akses telekomunikasi dan internet. Seperti yang diketahui saat ini, masih sangat memprihatinkan terutama di ibu kota kabupaten.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here