ASN Harus Siap Ditempatkan Dimana Saja

0
84
BUPATI Natuna Hamid Rizal saat memberikan piagam kepada PNS berprestasi, Jumat (29/11) pekan lalu. f-istimewa

NATUNA – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menekankan kepada pegawainya, bahwa menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap sedia untuk ditugaskan kemana saja.

Hal itu disampaikan Hamid Rizal pada penutupan resmi Latihan Dasar (Latsar) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) angkatan I, II, III dan lV golongan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna Tahun 2019.

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Sri Srindit Ranai, Jumat (29/11).

Dalam sambutannya Bupati Natuna, Hamid Rizal menekankan, pelatihan calon ASN ada latihan dasar militernya. Saat ini, pemerintah masih memiliki kekurangan yaitu pelatihan militer.

Hal ini penting, agar mental PNS itu kuat serta tidak kaku dan gugup menghadapi tugas.

”Saya dulu mengikuti wajib militer, agar memiliki mental yang kuat untuk menghadapi semua tugas yang diberikan oleh pemimpin kita. Sehingga, tidak takut kalau dipindah ke mana saja,” tambah Hamid.

Menurut Bupati Hamid, saat ini calon ASN sudah merasa nyaman mengikuti pelatihan di daerah.

Karena daerah sudah bisa mengusulkan, dan menentukan tugas PNS Itu sendiri.

”Kalau dulu saya menjadi ASN yang menentukan letak tempat kita bertugas adalah provinsi. Kalau sekarang ini sudah enak, tes CPNS di Natuna dan bertugas juga di Natuna,” tuturnya. Hamid juga menegaskan, Kabupaten Natuna memiliki 15 kecamatan.

Maka, ia pun berharap kepada seluruh ASN harus siap ditugaskan disalah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Natuna.

”Jangan nanti minta ditugaskan di Kota Ranai dengan banyak alasan. Sesuai sumpah dan janji seorang ASN, harus siap ditugaskan dimana saja apalagi dapat memajukan daerah,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menegaskan kepada seluruh peserta agar mengedepankan integritas, loyalitas dan ikhlas dalam bekerja.

”Kalau sudah ditugaskan disatu bidang, maka laksanakan saja tugas itu dengan ikhlas. Yang jadi guru, mengajarlah dengan ikhlas. Untuk yang jadi dokter, bidan, perawat maka layani saja masyarakat dengan ikhlas. Kalau sudah begitu, pasti masyarakat memberikan penilaian yang baik terhadap kita,” ujarnya mengakhiri.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Natuna Erwita Yuda mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan puncak dari rangkaian kegiatan rekrutmen CASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna tahun 2019.

”Mereka berjumlah 46 orang peserta, 40 orang peserta berasal dari angkatan ke IV. Sedangkan yang berasal dari angkatan I, II, dan III masing masing dua orang peserta,” katanya. Seluruh CASN yang mengikuti kegiatan penutupan ini akan bertugas di tiga bidang, yang pertama sebagai guru sebanyak 18 orang.

Untuk pegawai teknis dan sebanyak 2 orang, dan sebagai tenaga kesehatan sebanyak 20 orang. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here