Asperikat Bantu Tekan Inflasi Daerah

0
311
Wakil Wali Kota Batam saat peresmian kantor Asperikat Kota Batam di Ruko Golden Wealth Tiban Sekupang, Rabu (7/3). f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Amsakar Achmad meresmikan Asosiasi Pengusaha Peternak Ikan Air Tawar (Asperikat) Kota Batam, Rabu (7/3) di Ruko Golden Wealth Tiban, Sekupang.

Berdirinya Asperikat ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat Kota Batam terkait kebutuhan akan ikan air tawar lele. Disamping itu dengan adanya Asperikat dapat menekan laju inflasi daerah. Karena ikan termasuk komuditi strategis yang mempengaruhi inflasi.

Peresmian ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wawako dan pengguntingan pita didampingi Danlanal Kota Batam, Kolonel Laut Iwan Setiawan dan Ketua Asperikat Kota Batam, Sukito.

”Dengan adanya Asperikat ini ada pemberdayaan ekonomi karena ada kerjasama antara pengusaha. Dengan begitu peternaknakan terlindungi dan pendistribusian terjamin,” sebut Wawako.

Katanya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan apresiasi dengan berdirinya Asperikat. Pemko Batam menurutnya akan memberikan dukungan melalui OPD terkait. Ia tidak ingin kejadian beberapa waktu lalu dimana harga ikan lele lokal bersaing dengan ikan lele yang diimpor dari Malaysia.

”Ini pernah menjadi masalah sampai hearing di DPRD, waktu itu saya menjabat sebagai Kadisperindag. Harga ikan lele dari Malaysia masuk ke Batam Rp9 ribu per kilonya itu disebabkan harga pakan di sana murah dan mereka bisa memasoj dalam jumlah besar. Itu yang membuat harga ikan di Batam turun. Dengan adanya Asperikat ini dapat mengatasi persoalan monopoli dan permainan harga bisa dieliminir,” sebut Wawako.

Ketua panitia Asperikat, Irawan menuturkan mengatakan bahwa jumlah pelaku usaha ikan air tawar di Kota Batam berjumlah 500 dan yang sudah bergabung di Asperikat sebanyak 160. Asperika didirikan untuk terwujudnya kemandirian pangan ikan air tawar lele. Ke depan Asperikat Batam bisa mengatasi persaingan produksi harga ikan air tawar. ”Terimakasih kepada Pemko Batam dan Danlanal Batam yang telah mendukung terwujudnya asosiasi ini di Kota Batam,” ucapnya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here