Asumsi APBD Diprediksi Turun

0
579
Permukiman: Karena daratannya bukit yang terjal membuat warga Anambas membagun rumah di sisi laut. F-suhardi/tanjungpinang pos

PAnggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengalami penurunan.

Untuk tahun 2016, APBD Anambas Rp 927 miliar pada tahun 2017 jadi Rp 759 miliar sementara pada 2018 diprediksi akan menurun lagi menjadi Rp 575 miliar.

Akibat kecilnya pendapatan yang diperoleh, maka setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus melakukan efesiensi dan terarah dalam merencanakan pembangunan tahun 2018 nanti.

”Untuk tahun depan asumsi pendapatan kita hanya Rp 575 miliar saja. Jika dilihat dari tahun sebelumnya, kita akan mengalami defisit anggaran lagi yang sangat besar. Untuk itu, kita harus cermat dan efesiensi dalam merencanakan pelaksanaan pembangunan,” kata Kepala Badan Penelitian Pengembangan Perencanaan Daerah Pemkab Anambas, Augus Unggul kepada wartawan, Selasa (21/3).

Menurut Augus, jika dilihat dari kebutuhan untuk pembayaran gaji pegawai dan kesra saja sudah mencapai Rp 285 miliar. Untuk Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 54 miliar dana Hibah Rp 13 miliar dan gaji pegawai tidak tetap (PTT) Rp 76 miliar, belanja OPD sebesar Rp 163 miliar. Tentunya ada beberapa hal yang menjadi perhatian mulai dari pokok pikiran Rp 20 miliar.

”Untuk kebutuhan operasional perangkat daerah dan gaji pegawai dan kebutuhan semuanya sudah Rp 592 miliar. Kalau ditambah lagi dengan hasil pokok pikiran DPRD selama reses Rp 20 miliar totalnya sudah mencapai Rp 612 miliar,” katanya.

Dari APBN tahun ini diperoleh Rp 94 miliar untuk tahun depan belum diperoleh kepastian, namun dari pemerintah Provinsi Kepri hanya Rp 46 miliar dari Rp 3,6 triliun APBD Kepri.

Tentunya dengan anggaran yang minim tersebut, diminta semua pihak agar dalam menyusun rencana pembangunan fokus dan tidak melenceng dari RPJMD yang telah disampaikan oleh kepala daerah.

”Tahun ini, Dana Alokasi Khusus (DAK) kita dapat Rp 94 miliar, dari Provinsi Kepri hanya Rp 46 miliar. Jadi kalau anggaran kita masih minim kami berharap para OPD bisa menindaklanjuti arahan provinsi yang berkunjung baru-baru ini,” ujarnya.(Indra Gunawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here