Atasi Banjir, Pemko Perlu Rp 306 M

0
592
KOMPAK: Amsakar salam kompak dengan Ketua LPM Kelurahan Sungai Harapan, Arman di sela berbuka puasa bersama di kediamannya. F-Tarmizi

Amsakar Berbuka Puasa dengan Warga

BATAM – Amsakar sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam memerlukan dana yang cukup besar, untuk mengatasi banjir di Kota Batam. Minimal, Pemko memerlukan Rp 300 miliar alokasi anggaran, guna mengatasi banjir yang cukup signifikan saat ini.

Di sela berbuka puasa bersama di kediamannya bilangan kawasan Batam Centre, Wakil Wali Kota (Wawako) Batam Amsakar Achmad menyebutkan, titik banjir yang ada di Batam saat ini mencapai 68 lokasi. Jumlah ini meningkat tajam dari periode sebelumnya, semasa kepemimpinan Ahmad Dahlan dan HM Rudi SE MM, yang hanya 36 titik.

”Penambahan titik banjir tersebut sebagai dampak dari pembangunan, yang kurang memperhitungkan dampaknya terhadap banjir. Kita saat ini dituntut untuk melakukan langkah-langkah pengentasan banjir tersebut. Anggaran yang dibutuhkan sangat besar, satu titik banjir minimal memerlukan biaya Rp 4 miliar sampai dengan Rp 5 miliar,” kata Amsakar, Rabu (21/6) malam lalu.

Baca Juga :  ASN Dilarang Tambah Libur

Jika biaya penanganan satu titik banjir rata-rata Rp 4,5 miliar, Amsakar mengungkapkan, dana yang diperlukan untuk keseluruhan mencapai Rp 306 miliar. Untuk hal tersebut, Pemko Batam berupaya merumuskan penanganan yang tepat, dengan pembahasan anggaran bersama DPRD Kota Batam. Amsakar berharap, semua pihak memiliki komitmen yang sama dengan Pemko Batam.

”Sebab jika Pemko Batam saja yang memiliki komitmen, tanpa dukungan masyarakat, tentunya pengentasan banjir di Batam akan berjalan lambat. Kepada pihak pengembang, yang melakukan kegiatan pembangunan, diharapkan dapat memperhatikan dengan sungguh-sungguh perkara banjir,” pesannya.

Baca Juga :  BNI Syariah Gelar Program Tunjuk Rumah

Berbuka Puasa
Pada kesempatan tersebut Amsakar Achmad menggelar berbuka puasa bersama dengan 5.000-an warga Batam dari seluruh elemen. Selain itu, Amsakar juga mengundang ratusan anak yatim dari sejumlah panti asuhan yang ada di Batam. Turut hadir dalam kegiatan berbuka puasa bersama itu Wali Kota Batam HM Rudi, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto dan sejumlah anggota dewan, Anggota DPR RI asal Kepri H Nyat Kadir, mantan Wakil Wali Kota Batam Ir H Ria Saptarika, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Batam.

Amsakar mengatakan, berbuka puasa bersama ini merupakan agenda rutin setiap Ramadan. Tujuannya untuk menjalin hubungan emosinal dan keakraban bersama warga, dan tokoh masyarakat. ”Kita ingin kebersamaan ini senantiasa terjalin untuk sama-sama membangun Batam menuju hari esok yang lebih baik,” jelas Amsakar kepada wartawan. Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Batam HM Rudi SE MM menyampaikan, Pemko Batam dalam masa kepemimpinannya bersama Amsakar Achmad memiliki komitmen untuk memajukan Batam.

Baca Juga :  Pemko Cari Iman dan Muazin Masjid Sultan

Hal ini dapat dicermati dari sejumlah program pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan. Seperti pelebaran sejumlah ruas jalan. ”Semua itu bertujuan untuk membuat Batam lebih menarik dan nyaman, baik bagi warga, maupun para wisatawan,” jelas Rudi.(TARMIZI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here