Atasi Kelangkaan Barang, Pemkab Bangun Gudang

0
925
BERSANDAR: Sudah banyak kapal yang bersandar di Pelabuhan Penagi untuk bongkar muat barang.F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – UNTUK mensiasati kelangkaan barang kebutuhan untuk masyarakat, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna berencana membangun gudang untuk penampungan barang. Karena posisi Natuna sangat jauh dari daerah lainnya, maka dampak yang kerap terjadi yakni masyarakat masih sulit mendapatkan barang kebutuhan pokok atau lainnya.

Kadisprindagkop dan UMKM Kabupaten Natuna Helmi Wahyuda menyebutkan, Pemkab Natuna telah melakukan upaya untuk memperpendek jarak daerahnya dengan daerah lain.

Berbagai sarana yang dibangun untuk konektivitas seperti pelabuhan, bandara dan sarana pelayaran sejauh ini telah diupayakan pemerintah. Namun, sarana-sarana itu dinilai belum cukup maksimal karena faktor jarak Natuna yang jauh dari daerah lainnya.

Baca Juga :  Rela ke Pulau Lain untuk Dapatkan Air

Selain itu, musim di Natuna juga menjadi salah satu faktor penyebabnya. Untuk itu, pemerintah memerlukan gudang barang untuk menyimpan persedian (stok) barang yang diperlukan di saat-saat musim tak bersahabat. ”Kita perlu gudang barang. Saat suplai tak bisa dilakukan. Kita bisa mengandalkan stok yang ada di gudang nantinya,” kata Helmi Wahyuda, di kantornya, kemarin.

Menurutnya, keberadaan gudang dinilainya sebagai salah satu syarat untuk mengantisipasi kelangkaan barang kebutuhan di Natuna. ”Sarana ini sebagai langkah antisipasi juga. Dengan begitu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Bulog untuk pembangunan gudang bahan pokok di Natuna,” sebutnya.

Baca Juga :  Ratusan Personel Siap Jaga Perbatasan Natuna

Berdasar hal itu, pihak Bulog telah memberikan respon yang baik.
Bahkan, pihak Bulog menyatakan kesanggupannya untuk membangun gudang tambahan di Natuna.

Namun, dengan syarat ada usulan dari pemerintah setempat mengenai lahan untuk pembangunan gudang. ”Perihal ini sudah kami koordinasikan dengan Bulog. Mereka sanggup bangun gudang di sini, tapi kita diminta mengajukan usulan dan menyiapkan lahannya terlebih dahulu. Dan ini akan kami lakukan,” tutupnya.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here