ATB Kembangkan Bisnis Berbasis Teknologi Terkini

0
131
ATB merupakan perusahaan air bersih pertama di Indonesia yang menerapkan Smart Water Management System.

BATAM – Kunci keberhasilan untuk mampu bertahan di tengah persaingan terletak pada kemampuan perusahaan dalam mengembangkan keunggulan kompetitifnya. Salah satu strategi perusahaan dalam mengembangkan keunggulan kompetitif yaitu melalui inovasi.

Pada umumnya, pelanggan menginginkan produk inovatif yang sesuai dengan keinginan mereka. Sementara itu, bagi perusahaan, keberhasilan dalam melakukan inovasi produk berarti perusahaan tersebut telah selangkah lebih maju dibandingkan pesaingnya.

PT. Adhya Tirta Batam (ATB) melihat teknologi sebagai sebuah peluang untuk menjadi perusahaan yang unggul dibidangnya. Saat ini, ATB telah memiliki AES (ATB Enterprise System), sebuah teknologi yang dibangun secara mandiri oleh karyawannya.

“Sistem terintegrasi yang dimiliki ATB ini, satu-satunya di Indonesia dan merupakan teknologi paling canggih yang pernah dimiliki oleh perusahaan air bersih di Indonesia. Sebuah pencapaian yang luar biasa,” ucap Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Senin (15/6).

Baca Juga :  ATB Jadikan ZoomBa Fasilitas Layani Pelanggan

Keunggulan bersaing sebagai strategi benefit dari perusahaan untuk menciptakan kompetisi yang lebih efektif dalam pangsa pasarnya. Strategi generik untuk keunggulan bersaing terdiri dari keunggulan biaya, diferensiasi dan fokus kepada pelanggan masih relevan untuk tetap digunakan.

“ATB tidak mudah ditiru oleh perusahaan lain karena memiliki keunikan tersendiri baik dari sisi kemampuan finansial, kemampuan menciptakan program dan produk, teknologi hingga pola organisasi perusahaan yang terstruktur dalam Smart Water Management System,” jelas Maria.

Keunggulan ATB dapat menciptakan nilai ekonomis yang lebih tinggi untuk pemangku kepentingan, pelanggan dan pemasok dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis. ATB berupaya mempertahankan keunggulan dengan melakukan inovasi di dalam proses, produk layanan dan cara bertransaksi. 

ATB yang telah menerapkan Good Corporate Governance (GCG), senantiasa menciptakan nilai melalui pengenalan peluang usaha, manajemen risiko yang tepat, keahlian komunikasi dan kompetensi sumber daya yang dimiliki.

Baca Juga :  Ekonomi Batam Tertekan, Pajak Berkurang

Selain mewujudkan visi menjadi perusahaan air terpercaya di Indonesia, ATB juga menargetkan menjadi wadah pembelajaran bagi seluruh PDAM dalam rangka penyehatan perusahaan air minum dan pelayanan prima.

ATB telah menjadi benchmark bagi perusahaan lokal maupun internasional. Banyak perusahaan air minum, pemerintahan dan perusahaan asing yang berkunjung ke ATB untuk belajar mengenai pengelolaan air berbasis teknologi kekinian. 

Namun selama pandemi, ATB secara berkala mencoba menginisiasi program baru yang tetap mampu menjangkau perusahaan maupun pihak yang ingin belajar ke ATB. Mulai dari artikel Kopi Benny yang terbit setiap Senin di salah satu media mainstream kota Batam, ATB juga memanfatkan aplikasi Zoom Meeting untuk menggelar Program ZoomBA (Zoom Bersama ATB).

Melalui program ZoomBA yang baru diluncurkan pada 10 Juni 2020 lalu yang mengangkat tema perdana Pilihan Penentu Perubahan, ATB mencoba memberikan ruang baru untuk sarana belajar bagi perusahaan, akademisi, praktisi dan pelaku usaha dalam tata kelola manajemen perusahaan yang baik.

Baca Juga :  Mobdin Ditarik, Dewan Minta Uang Transport

Sesuai dengan tagline ATB Tak Terganti!, sulit rasanya menemukan perusahaan bonafid sekaliber ATB. Selalu terdepan dalam membuat terobosan inovatif adalah hal yang “wajib” bagi ATB dalam menjaga eksistensinya. Teknologi dan ATB adalah hal yang tak terpisahkan.

“ATB mampu mencapai kinerja yang lebih tinggi dalam dunia industri dengan memanfaatkan aset dan kompetensi yang dimiliki. ATB yang selalu terdepan dalam transformasi teknologi, berharap dapat memberikan manfaat besar bagi Indonesia ke depannya,” ujar Maria optimis.(mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here