Aturan Tamu Wajib Nginap Mesti Ada Perda

0
821
Rafki Rasyid

TANJUNGPINANG – Keinginan Pemko Tanjungpinang agar setiap pemda yang study banding ke pinang harus menginap diapresiasi oleh salah satu pengamat ekonomi, Rafki Rasyid. Hanya saja, kata Rafki Rasyid, untuk memperkuat lagi dari surat edaran menjadi Perwako Pemko perlu dikuatkan dengan Perda.

Menurutnya, langkah itu mewajibkan tamu menginap itu secara tidak langsung membantu menggerakkan ekonomi di Tanjungpinang. Menurutnya, dengan banyak yang datang ke Tanjungpinang dunia usaha di sektor perhotelan hingga sektor usaha lainnya akan tumbuh.

Namun, kata dia, Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah harus hati-hati dengan bahasa “mewajibkan” tamunya untuk menginap minimal satu malam di Tanjungpinang. Jadi, harus ada dasar hukum yang kuat yang memayungi Perwako tersebut. Karena rentan digugat dan disalahkan orang.

Baca Juga :  Warga Temukan Granat Nenas

”Minimal harus ada Perda yang memayungi Perwako itu,” kata Rafki kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (10/10).

Ia menyarankan kepada Pemko Tanjungpinang, agar tidak memaksakan perwako, karena setiap kebijakan yang dikeluarkan Walikota sebaiknya ada payung hukumnya. Setelah ada Perda, baru Perwako tersebut keberadaannya mempunyai kekuatan hukum, yang mengikat sepanjang diperintahkan oleh peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi atau dibentuk berdasarkan kewenangan di UU Nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang undangan di pasal 8 ayat 2.

Seharusnya, katanya, Pemko Tanjungpinang menyediakan layanan yang memadai, serta menarik wisatawan untuk berkunjung ke Tanjungpinang. Sehingga wisatawan menjadi betah saat berada di Tanjungpinang. Seperti fasilitas di hotel yang memadai, tempat wisata yang baik, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Baca Juga :  Syahrul-Rahma Rencanakan Bangun 10 Kantor Lurah

”Bukan dengan cara mewajibkan mereka menginap semalam di Tanjungpinang. Saya kurang setuju saja. Karena Perwako nanti, tidak dipayungi dengan Perda,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here