Australia Berencana Bangun Kota Baru di Barelang

0
627
Lukita

BATAM – Investor Australia, mengungkapkan rencana investasi di Batam. Perusahaan Scarisbrick International Sdn.Bhd, berencana membangun kota baru di Batam, Rempang atau Galang (Barelang). Untuk membangun kawasan terpadu itu, mereka membutuhkan lahan seluas 100 hektar. Target market mereka lebih warga negara asing, terlebih dari Singapura, Malaysia dan Eropa.

Direktur Scarisbrick International Sdn.Bhd, Geoff Harrison, didampingi Kepala Badan Pengusahan (BP) Batam, Lukita, Kamis (1/3), mengungkapkan rencana investasi itu. Saat ini Geoff mengungkapkan jika pihaknya sudah membangun kawasan terpadu yang disebut sebagai the new city, di Malaysia dan Singapura.

”Kami ingin megembangkan kawasan kota baru di Batam. Di Malaysia dan Singapura tidak ada lagi tempat. Tapi di Malaysia sudah ada kami buat. Kami butuh 100 hektar,” kata Geoff.

Baca Juga :  Industri Orientasi Ekspor Dapat Insentif

Menurutnya, pihaknya ingin daerah FTZ atau KEK Parawisata untuk dikembangkan sebagai kota baru yang terpadu. Selain Batam, diakui mereka juga melirik Bali dan Bandung. ”Kami akan bangun kawasan yang lengkap dengan fasilitasnya. Ada hotel, restoran, apartemen, golf, tennis, gym, entertainment centre lengkap dengan air, listrik dan lainnya,” bebernya.

Mereka mengakui pasar kawasan terpadu itu cukup besar. Dimana, untuk kawasan Batam yang dekat dengan Singapura dan Malaysia, kawasan terpadu memiliki konsumen sendiri. ”Pasar (konsumen) untuk mengisi kota baru itu nanti dari Singapura dan Malaysia. Jadi seperti kota baru,” imbuhnya.

Dijelaskan, alasan memilih Batam, karena iklimnya yang bagus. Selain itu, keamanan di Indonesia terutama Batam, dinilai baik dan aman dari ancaman terorisme. Biaya hidup di Batam juga dinilai lebih murah dibanding Australia, China, Rusia dan negara lain di Eropa.

Baca Juga :  Dispar Mesti Gencar Promosi Wisata

”Kemudahan akses untuk ke negara asal lebih mudah. Harga jual properti juga ekonomis dibanding negara asalnya dan pelayanan orang indonesia yang baik dinilai salah satu faktor,” jelasnya.

Diyakini, the new city akan membawa banyak keuntungan bagi orang Batam. Kehadiran the new city diyakini akan mendorong pendapatan yang lebih bagi Batam. Selain itu, menambah sektor lapangan kerja untuk anak-anak Batam. ”Kami akan membuat Batam menjadi destinasi favorit internasional. Kami percaya batam merupakan daerah yang cocok,” imbuhnya.

Baca Juga :  Blanko KTP Tinggal Dijemput ke Kemendagri

Sementara Kepala BP Batam, Lukita mengakui, pihaknya masih harus mempelajari rencana investasi itu dulu. ”Nanti akan lihat daerah FTZ yang cocok untuk mereka. Kita cari, karena kami selalu merespon niat baik yang datang. Makanya kita akan coba jajaki bertahap,” imbuh Lukita.

Di tempat sama, Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan, banyak orang tua dari Eropa yang mencari tempat untuk mengisi hari-harinya. ”Mereka melihat Banyak orang tua yang di eropa yang ingin masuk. Mereka melihat, Barelang sangat bagus kalau dibangun,” katanya. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here