Avara Bangun Ribuan Kamar

0
1324
RAPAT: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun rapat dengan managemen Avara Resort dan Mangata Villa di Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Rabu (5/7) sore. f-mazpram/humas Pemprov kepri

Nilai Investasinya Rp3,5 Triliun

Pembangunan wisata terpadu Avara Resort Bintan akan dimulai hari ini, Jumat (7/7). Khusus untuk kamar hotelnya akan dibangun ribuan unit.

BINTAN – RESOR mewah ini akan menambah pilihan bagi turis untuk menginap dan menikmati panorama alam di Bintan. Selama ini, sudah banyak resor mewah di Bintan yang dibangun dengan anggaran triliunan rupiah.

Kawasan wisata terpadu di Pantai Trikora, Desa Malang Rapat, Kabupaten Bintan ini akan dibangun dengan investasi sekitar Rp 3,5 triliun. Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, di Bintan akan dibangun dua resor yakni Avara Resort dan Mangata Water Villa Resort. Apri pun mendukung penuh pembangunan dua resor mewah itu. Untuk itu Apri berjanji siap membantu perizinan asal pembangunan resort tersebut selesai sesegera mungkin.

”Kami siap membantu semua yang dibutuhkan sesuai dengan tupoksi pemerintah daerah. Kami harapkan cepat selesailah agar lapangan kerja terbuka lagi untuk anak-anak Bintan,” sebutnya, Kamis (6/7). Ia mengatakan, soal investasi di Bintan sangat penting guna menunjang sektor pariwisata. Hal ini sejalan dengan kawasan Trikora dan sekitarnya untuk dikembangkan menjadi wilayah pariwisata setelah Lagoi.

”Avara dan Mangata Water Villa resor pastinya akan menambah destinasi wisata di Bintan. Namun kami juga mengharapkan pembangunannya harus mengikuti aturan yang ada,” katanya lagi. Saat ditanya apakah Presiden RI Joko Widodo akan hadir dalam peletakan batu pertama resor mewah tersebut sebagaimana yang tertera dalam undangan yang disebar pihak pengusaha? Apri memprediksi Presiden tidak akan datang.

”Kalau Presiden datang pasti protokolernya sudah datang dan saat ini Presiden kan sedang ke luar negeri untuk kunjungan ke Mesir dan Jerman,” tambahnya. Sementara itu, Alfeni Harni Kepala Bidang Perizinan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Bintan mengatakan, nilai investasi Avara dan Mangata Water Villa Resor berdasarkan data yang akan ada sebesar Rp 2,5 triliun.

Baca Juga :  Dualisme Berakhir, Tinggal Yakinkan Investor

Rencananya, dari dua resort tersebut akan dibangun apartemen setinggi 25 lantai dengan jumlah kamar sebanyak 1.000 unit. Kemudian hotel setinggi 25 lantai dengan jumlah kamar sebanyak 350 unit. Kondotel juga akan dibangun setinggi 6 lantai dengan kamar sebanyak 400 unit, perkantoran setinggi 16 lantai dengan total ruangan 400 unit. Untuk villa juga akan dibangun sebanyak 750 unit. Untuk tenaga kerja akan diserap lebih kurang sama dengan jumlah kamar atau setara 2.900 orang. Namun pastinya akan bertambah sesuai dengan kebutuhan saat operasional nanti.

”Sejauh ini juga proses perizinan sedang berlangsung. Ada izin yang sudah selesai dan ada yang sedang proses. Arahan dari bupati juga agar kami dapat berkoordinasi lebih dekat agar segala urusan yang ada dapat selesai segera dan pembangunan dapat dilaksanakan,” jelasnya. Ia menambahkan, untuk izin pembangunan villa di atas laut saat ini sedang dalam proses di Provinsi Kepri. Karena wewenang tersebut berada di provinsi.

Harus Gandeng UKM Lokal
Rencananya, Gubernur Provinsi Kepri H Nurdin Basirun melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Avara Resort dan Mangata Villa yang berlokasi di Pantai Trikora, Kabupaten Bintan. Gubernur ingin sebelum groundbreaking nanti segala macam urusan perizinan telah diselesaikan oleh perusahaan. Supaya ke depan tidak ada masalah.

Baca Juga :  Jangan Ada Titipan Saat Open Bidding

”Jangan sampai acara besar seperti ini dan sudah terekspose namun bermasalah di kemudian hari,” kata Nurdin. Dalam kesempatan singkat bertemu Nurdin, manajemen PT. Grand Wie Sukses Property yang membangun Avara Resort menyambut permintaan pejabat nomor satu di Provinsi kepri itu.

Mereka berharap kesediaan Gubernur untuk hadir pada groundbreaking tersebut. Avara Resort merupakan Hotel Bintang 4 dengan 300 kamar dan rencana pembangunan selama 2 tahun. Nurdin berharap kehadiran dua proyek ini memberikan efek ekonomi masyarakat sekitar. Dia juga berpesan agar perusahaan bisa menggandeng UKM serta para pengrajin yang ada di Bintan, sehingga meningkatkan kesejahteraan para pengrajin dan pelaku UKM.

Tampak hadir pada pertemuan itu Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah, Kepala Bapelitbang Naharuddin, Kadis Pariwisata Buralimar dan Kepala BPMPD PTPSP Azman Taufik. Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan jajaran pemerintahan di Kepri untuk mempermudah perizinan terhadap investasi yang masuk. Jangan dipersulit, sehingga mereka ragu menanamkan investasinya di Kepri.

”Investor sekarang lagi semangat-semangatnya berinvestasi di Kepri. Groundbreaking ini menjadi salah satu bukti. Jangan dipersulit, jangan dihambat,” kata Nurdin saat menerima direksi PT Grand Wie Sukses Property di ruang rapat kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (5/7) sore.

Gubernur mengajak jajaran pemerintahan dan masyarakat untuk menunjukkan dukungan kepada investasi yang masuk. Investasi yang masuk, semakin membuat perekonomian Kepri meningkat. Dinas-dinas terkait yang menangani masalah perizinan, ditegaskam Nurdin, agar tidak memperlambat bahkan mempersulit investor. Hal ini akan membuat investor kabur dan tidak mau lagi berinvestasi Kepri.

”Kita harus tunjukkan kalau Kepri ramah terhadap Investasi,” ujar Nurdin. Kawasan wisata Avara Resort ini diklaim terbesar di Indonesia. Konsep pengembangan adalah di darat dan dilaut dengan investasi mencapai Rp 3,5 triliun.  Gubernur mengatakan, masalah perizinan akan dibantu. Ia akan memerintahkan bawahannya untuk mempercepat perizinannya. Apalagi, dari penjelasan pihak manajemen, mereka tidak mereklamasi pantai.

Baca Juga :  Gubernur Tunggu Terobosan Pimpinan BP Baru

Namun, mereka akan membangun di darat dengan tetap menjaga keasrian lingkungan serta pembangunan di tepi pantai berupa pelabuhan. Avara Resort tersebut akan dibangun investor Tiongkok. Di kawasan tersebut akan dibangun hotel berbintang, ratusan water villa, bangunan ornamen yang jadi unggulan tujuh keajaiban di dunia, serta terdapat pusat UMKM, pusat kuliner dan sport centre.

”Jika proyek ini berhasil dan membawa efek positif bagi dunia pariwisata Kepri, maka saya janjikan ke mereka ada proyek besar lainnya yang rencana akan kita tawarkan ke mereka,” terang Nurdin kepada wartawan usai pertemuan terbatas sore itu. Ada sekitar 40 hektare kawasan darat dan laut di kawasan Trikora menjadi pusat pengembangan wisata Avara Resort Bintan ini. Dibutuhkan sekitar tiga ribu tenaga kerja baik lokal maupun profesional di kawasan itu. Pekerja lokal akan diamokodir. Ini sebagai wujud kepedulian mereka terhadap Pulau Bintan.

Sebelumnya, Gubernur Nurdin juga melakukan pertemuan dengan Kepala Bank Indonesia (BI) Kepri Gusti Raizal Ekaputra dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri Uzersyah. Uzersyah mengundang Gubernur untuk mengadiri peresmian Gedung OJK di Batam Jumat, 7 Juli 2017.(JENDARAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here