Awal Tahun BP Terima PNBP Rp 74 M

0
386
Nasrul Amri Latif

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Kantor Pelabuhan (Kanpel) menargetkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pelabuhan di Batam, sekitar Rp 505 miliar tahun 2018 ini.

Target itu naik dibanding tahun 2017 lalu sekitar Rp 440 miliar. Progres PNPB pada Januari dan pertengahan Februari 2018 ini, Kanpel melaporkan sudah menerima Rp 74 miliar.

Kepala Kanpel (Kakanpel) BP Batam, Nasrul Amri Latif, Senin (19/2) mengungkapkan, pendapatan yang sudah dicapai hingga hari itu.

Disebutkannya, laporan tahun lalu, pendapatan sekitar Rp 397 miliar. Kanpel mencapai angka target Rp 440 miliar. Tapi karena pencatatan di bank ada selisih di laporan terkait tanggal.

”Itu karena pencatatan di bank. Makanya tahun ini target kita naikkan. Tahun ini target Rp 505 miliar dan capaian Januari Rp 37 miliar. Untuk Februari, hingga hari ini, sudah Rp 37 miliar. Jadi sudah Rp 74 miliar,” kata Nasrul setelah menerima laporan dari staf yang mendampinginya.

Menurutnya, capaian Rp 37 miliar di Januari sudah di atas target Rp 36 miliar. Sementara untuk Februari, target Rp 37 miliar dan sudah hampir pasti di atas target, karena masih ada sisa waktu sekitar 8 hari lagi. ”Tiap bulan target kita berbeda,” sambungnya.

Terkait target Januari 2018 yang lebih rendah dari target Februari, diakui karena beberapa faktor. Diantaranya angin utara dan perjalanan kapal pada Januari lebih sedikit dibanding bulan lain. Namun disebutkan, aktivitas kapal lebih padat pada Maret sampai September setiap tahunnya.

”Januari selalu rendah, karena angin utara mulai Desember. Intinya, perjalanan agak kurang. Biasanya, Maret sampai September yang agak padat,” beber Nasrul.

Jika pendapatan hingga akhir tahun lalu pendapat mendekati angka Rp 400 miliar, pada semester I tahun 2017, pendapatan pelabuhan (PNBP) sebesar Rp 234 miliar. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here