Awasi Penggunaan Medsos Bagi Anak-anak

0
206
AKBP Hengky Pramudya

KARIMUN – Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya mengingatkan orangtua, untuk mengawasi anak menggunakan Media Sosial (Medsos). Sehingga, sang anak tidak gampang terpengaruh dengan paham radikalisme yang ditularkan melalu Medsos.

”Ada baiknya, orang tua melihat atau mengetahui apa yang dilakukan anaknya ketika menggunakan medsos, FB atau IG, Youtube. Sehingga orangtua bisa mengarahkan mana yang bisa ditonton mana yang tidak dapat dibuat. Sehingga, pemahaman yang salah dapat dicegah,” kata Hengky Pramudya, Kamis (17/5).

Ia mengingatkan, bahwa pelaku penyebar ajaran radikalisme dapat mempengaruhi setiap orang melalui Medsos. Sedangkan, sasarannya adalah anak-anak yang baru menginjak usia remaja dan dewasa atau pemahaman ilmu Agama yang kurang. Sehingga, anak tersebut mudah terperanguruh ajaran yang salah.

”Termasuk dengan membuat status di medsos, untuk menghindari ujaran kebencian yang menyerang atau bernuasa sara. Tidak ikut serta menyebarkan berita hoax, menyebarkan foto yang bersifat menghina atau mengandung unsur kekerasan,” terang Hengky.

Dalam rangka menangkis paham radikalisme, Polres Karimun melaksanakan sinergitas dengan TNI dengan memperketat pengamanan markas dengan meningkatkan patroli gang sempit dengan melibatkan personil TNI.

Selain itu, meningkatkan patroli cipta kondisi dan mengawasi media yang menjadi sarana paham radikal serta meningkatkan peran bhabikamtimas bintara desa, dan kelurahan. Selain itu, ia berharap masyarakat terus berperan menerapkan Siskamling dalam menjaga keamanan lingkungan.

”Hal itu dapat mencegah masuknya pendatang baru dipemukiman penduduk. Sehingga, ajakannya kepada penduduk untuk memahami ajarannya dapat diantisipasi sejak awal,” katanya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here