Awe akan Gugat Perda RTRW Kepri

0
535

LINGGA – BUPATI Kabupaten Lingga H Alias Wello menegaskan, Pemkab Lingga akan menggugat Perda Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Provinsi Kepri terkait tidak tercantumnya penempatan kawasan tambang di Kabupaten Lingga.

Surat resmi terkait permintaan revisi perubahan RTRW telah dilayangkan beberapa bulan, namun hingga saat ini belum terdengar upaya Pemprov Kepri meminta DPRD Kepri melakukan revisi yang dimaksud Perda yang dimaksud. ”Kalau memang Pemprov Kepri tidak merespon permintaan revisi Perda, kita akan lakukan gugatan,” kata Alias Wello, kemarin.

Dikatakannya, potensi pertambangan di Kabupaten Lingga sejak dahulu merupakan sumber pendapatan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lingga dan juga memberikan kontribusi besar untuk pendapatan negara. ”Sejarah pertambangan di Lingga sudah ada sejak zaman Kesultanan Riau Lingga. Malah tidak tercantum Perda RTRW Kepri,” sebut Awe.

Sementara itu, Gubermur Kepri Nurdin Basirun mengaku, tidak mengetahui secara pasti progres permintaan revisi Perda RTRW yang disampaikan Pemkab Lingga. ”Saat ini sedang dalam proses. Kalau untuk teknisnya saya belum bisa jelaskan,” ucap Nurdin, saat acara pelantikan Mabicab Gerakan Pramuka Lingga, kemarin.

Meski begitu Nurdin mengaku akan memerintahkan OPD terkait untuk segera membahas hal ini. ”Sudah saya perintahkan bagian terkait untuk menindaklanjutinya,” kata Nurdin singkat.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here