Awe Cari Dalang Demo Bansos

0
502
DEMO: Forphil Lingga saat demo di kantor Kejari Lingga menuntut kejelasan kasus korupsi dana Bansos untuk pramuka Lingga. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Bupati Lingga H Alias Wello akan mencari tahu aktor intelektual, dalam aksi unjuk rasa Forum Pemuda Hinterland (Forphil) mengenai Dana Bantuan Sosial (Bansos) untuk Pramuka pekan lalu.

Forphil sebelumnya menggelar aksi unjuk rasa, dikantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Lingga untuk menanyakan kelanjutan penyelidikan dugaan korupsi dana Bansos tersebut. Menurut pria yang disapa Awe ini, aksi unjuk rasa terkait dana Bansos 2013 lalu tidak murni untuk menyuarakan pemberantasan korupsi.

”Saya tidak melarang untuk berunjuk rasa, karena hal ini adalah hak asasi setiap warga. Tapi saya sayangkan, unjuk rasa yang dilakukan sangat tendensius,” ujar Awe, Senin (10/7).

Ia menyampaikan, bahwa menurut informasi yang diterimanya aksi unjuk rasa tersebut didalangi oleh seorang pegawai honor di Pemkab Lingga. Untuk itu, ia melakukan koordinasi dengan jajarannya untuk melakukan investigasi menyeluruh untuk mencari kebenaran informasi yang diperolehnya.

Bahwa aksi unjuk rasa dilakukan Forphil, atas keinginan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Bila aksi itu terbukti dilakukan untuk kepentingan pribadi, pegawai honor maupun ASN yang terlibat aksi dipastikan akan mendapatkan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku.

”Bisa jadi sanksi itu sampai pada pemecatan,” tegas Awe. Terkait penyelidikan yang dilakukan pihak Kejari Lingga atas kasus ini, Awe yakin penegak hukum melakukan tugas secara profesional.

”Saya sudah berbicara dengan Kajari Lingga, terkait hal ini. Saya juga percaya pihak kejaksaan, akan bekeja profesional dan tidak berdasarkan desakan atau paksaan dari orang y ang memiliki kepentingan pribadi,” imbuhnya. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Forphil Lingga mengelar aksi unjuk rasa di Kejari Lingga.

Dalam aksinya, pengunjuk rasa mendesa kejaksan untuk menuntaskan penyelidikan dugaan korupsi Bansos Pramuka. ”Kami nilai kejaksaan lambat menanggani kasus korupsi yang melibatkan oknum pejabat,” kata koordinator unjuk rasa, Siswandi. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here