Awe Luncurkan Gerakan Lingga Menanam Jilid II

0
352
FOTO BERSAMA: Bupati Lingga Alias Wello berfoto bersama dengan kelompok tani wanita Desa Batu Berdaun, saat pencanangan Gerakan Lingga Menanam Jilid II. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Bupati Lingga, H Alias Wello mencanangkan Gerakan Lingga Menanam Jilid II di Kawasan Todak, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Rabu (1/3).

Gerakan menanam pertama diprioritaskan kepada pegawai dengan membuka perkebunan kelapa hibrida di Pulau Talas, Kecamatan Senayang.

Pada Gerakan Menanam jilid II, Awe menegaskan agar setiap desa mulai menan lahan yang disiapkan dengan tumbuhan produktif. Tidak hanya itu, kali ini ia juga meminta agar seluruh masyarakat mulai melakukan penanaman di pekarangan rumah.

”Kalau pada gerakan menanam pertama masyarakat dan desa hanya diimbau, kalau ini untuk desa saya perintahkan lakukan penanaman. Pemkab akan memberikan reward kepada desa yang memikiki kebun terbaik. Begitu juga dengan masyarakat, akan diberikan reward bagi perkarangan terbaik,” kata Awe usai mencanangkan Gerakan Menanam Jilid II di Kabupaten Lingga.

Dikatakannya, untuk mensukseskan program ini Pemkab Lingga akan membantu dengan memberikan bibit tanaman produktif kepada masyarakat. Bibit nantinya akan disalurkan melaui desa dan RT/RW setempat. Pemkab Lingga juga akan membantu setiap desa untuk membentuk kelompok tani.

”Seperti yang dilakukan Desa Batu Berdaun telah memiliki kelompok tani wanita. Saya berharap desa-desa lain juga kreatif membentik kelompok tani untuk melakukan penanaman di lahan milik desa,” kata Alias Wello.

Mantan Ketua DPRD Lingga ini yakin, program pertanian yang diluncurkan Pemkab Lingga akan membawa peningkatan ekonomi bagi masyarakat dalam waktu relatif singkat.

Tanaman buah-buahan dan tanaman produktif lain yang dianjurkan untuk ditanam memiliki pangsa pasar kuas di Kepri.

”Selama ini untuk memenuhi kebutuhan buah, sayuran dan cabai Lingga masih mendatangkan dari luar daerah. Ke depan Lingga tidak hanya memenuhi kebutuhan di Kepri juga bisa ekspor ke negara tetangga,” ucapnya.

Poteni lahan dan kedekatan Kabupaten Lingga dengan negara Singapura dan Malaysia menjadi nilai tambah untuk Kabupaten Lingga.

”Tidak hanya itu, Pemkab Lingga telah mendatangkan tenaga ahli. Tenaga Ahli ini akan melatih masyarakat Lingga agar memiki pengegahuan tentang bercocok tanam,” imbuhnya.

Usai melakukan pencanangan Gerakan Menanam Jilid II di Desa Batu Berdaun, Alias Wello dan rombongan bergerak menuju Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga untuk melakukan kegiatan yang sama launching Gerakan Menanam Jilid II. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here