Awe Sebut Gaji Guru Tidak Manusiawi

0
853
Alias Wello

Lingga – BUPATI Kabupaten Lingga, H Alias Wello merasa prihatin dengan minimnya penghasilan guru honor komite di Kabupaten Lingga yang berkisar Rp 300 ribu per bulan.

Untuk itu, ia merencanakan akan menaikan gaji guru honor komite melalui alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017.

”Berapa besar jumlah kenaikannya, tentu harus kita bahas dulu dengan DPRD Lingga,” kata Alias Wello, kemarin.

Dikatakan, untuk ukuran tingkat kebutuhan hidup di Kabupaten Lingga, uang Rp 300 sebulan sangat tidak manusiawi, apalagi profesi seorang guru adalah ujung tombak daerah untuk menghasilkan generasi muda yang memiliki pendidikan yang baik dan berkualitas.

”Meski kondisi keuangan daerah terbatas, namun kita akan tetap diupayakan agar memberikan penambahan insentif kepada guru honor ini,” sebutnya.

Selain gaji guru honor komite, Alias Wello juga mewacanakan untuk menaikan insentif RT/RW di Lingga.

”Memang tidak bisa sekaligus besar. Kita upayakan bertahap, sampai pada angka wajar yang lebih manusiawi dan memenuhi standar,” sebutnya.

Awe optimis, kondisi keuangan di negeri yang berjuluk Bunda Tanah Melayu ini ke depannya akan membaik dan dapat mengakomodir berbagai kebutuhan belanja daerah.

Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Lingga saat ini, mengoptimalkan potensi sumber penghasilan daerah yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

”Salah satunya adalah pemungutan retribusi palkir di beberapa titik potensial di Kota Dabo mulai Maret, nanti,” imbuhnya.(Tengku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here