Awe Tawarkan Air ke BP Batam

0
238
BUPATI Lingga H Alias Wello saat mengikuti pertemuan untuk membahas sumber air di Lingga untuk Batam. F-ISTIMEWA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga tawarkan potensi air bersih, yang dimiliki Kabupaten Lingga kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam. Penawaran air yang telah dilakukan sejak tahun 2017 silam, selangkah lagi akan menjadi kenyataan.

LINGGA – Hal ini berdasarkan perkembangan rencana kerja sama Badan Pengusahaan (BP) Batam, dengan Kabupaten Lingga sudah menunjukkan hasil.

Ke depan Kabupaten Lingga akan mengalirkan air bersih ke Pulau Batam, dengan menggunakan pipa bawah laut.

Dalam pemaparannya saat digelarnya Forum Discusiion Grup (FDG), yang digelar bersama BP Batam dan Pemkab Lingga Bupati Lingga H Alias Wello bahwa potensi air beraih yang dimiliki daerahnya sangat melimpah. Sehingga, ribuan kubik air terbuang percuma ke laut setiap harinya.

”Lingga memiliki beberapa sumber mata air yang debitnya sangat melimpah. Setidaknya, ada delapan sumber mata air yang dapat dimanfaaatkan, untuk memenuhi kebutuhan air beraih,” kata Alias Wello, kemarin.

Potensi inilah, yang kemudian ditawarkan kepada BP Batam untuk menjadi pasokan air bersih sejak tahun 2017 lalu.

Sebelum ditawarkan Pemkab Lingga, telah terlebih dahulu dilakukan uji laboratorium terhadap PH air.

”Dibutuhkan sekitar Rp5 miliar, setiap meter pipa yang digunakan untuk mengalirkan air dari Lingga ke Batam. Besarnya anggaran yang dibutuhkank, dengan APBD Ligga tidak akan mencukupi. Kami menggaet Pemerintah Pusat. Seperti Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR yaang siap membagun pipa tersebut,” kata Awe, panggilan akrab Alias Wello.

Bila kerja sama ini dapat direalisasikan, maka akan berdampak positif bagi peningkatan PAD Lingga yang secara langsung akan membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

”Lingga merupakan daerah yang kaya akan potensi alam. Selama in, belum dimanfaatkan dengan maksimal,” imbuhnya. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here