Ayo, Bijak Berlalulintas!

0
116
SEJUMLAH pengendara mengabaikan lampu merah di simpang Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas Tanjungpinang. Suasana lalu lintas masih semerawut, meski sudah dipasang traffic light. f-andri/tanjungpinang pos
DINAS Perhubungan Tanjungpinang sudah memasang traffic light (lampu lalu lintas) di pertigaan jalan Handjoyo Putro Km 8 Atas, Tanjungpinang, baru-baru ini. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang meminta agar masyarakat bijak berlalu lintas dan tidak menerobos lampu merah.

TANJUNGPINANG – Pantauan awak media, arus lalu lintas di jalan Handjoyo Putro Km 8 Atas, masih terlihat semrawut. Masih banyak ditemukan pengendara yang mencoba untuk menerobos lampu merah, di pertigaan tersebut. Baik pengendara sepeda motor maupun mobil. Padahal, traffic light sudah dipasang.

Dengan kondisi seperti itu, beberapa kali nyaris terjadi tabrakan atau kecelakaan lalu lintas. Baik itu tabrakan antarsepeda motor dengan sepeda motor, sepeda motor dengan mobil, atau mobil dengan roda empat lainnya.

Fatra seorang warga Tanjungpinang mengatakan, setiap hari dirinya melintasi simpang tiga Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas Tanjungpinang. Meski sudah ada lampu rambu lalu lintas, tetap saja ada pengendara yang mencoba menerobos lampu merah.

”Begini lah setiap hari. Ini lama-lama pasti akan ada orang tabrakan. Karena bahaya sekali,” kata Fatra kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (23/12) kemarin.

Semrawut arus lalu lintas ini, kata dia, karena belum ada sosialisasi dari pemerintah melalui Dishub Kota Tanjungpinang. Sehingga pengendara belum terbiasa dengan keberadaan lampu merah di simpang tiga Jalan Handjoyo Putro itu.

”Coba lah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu,” harap dia.

Masih ditempat yang sama, Sular mengaku warga Jalan Cendrawasih, merasa senang dengan adanya pemasangan lampu merah di simpang tiga Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas Tanjungpinang. Sehingga arus lalu lintas bisa dengan baik dan benar.

”Memang sih, masih banyak pengendara yang menabrak lampu merah. Dasar orangnya tidak taat rambu-rambu lalu lintas saja,” tegas dia.

Kepala Dishub Kota Tanjungpinang Bambang Hartanto merasa heran dengan masyarakat, khusus pengendara di Kota Tanjungpinang. Sudah di pasang traffic light masih juga tidak taat dengan rambu-rambu lalu lintas.

”Apa lagi kalau tidak di pasang traffic light,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, Dishub Kota Tanjungpinang tidak perlu melakukan sosialisasi terhadap pemasangan, hingga keberadaan traffic light di simpang tiga jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas itu. Karena tidak ada perubahan yang terjadi di traffic light tersebut.

”Kalau lampunya berubah warna, baru lah kita lakukan sosialisasi. Karena sudah membuat pengendara kebingungan. Inikan tidak, warna lampu tetap ada merah, kuning dan hijau,” tuturnya.

”Tinggal masyarakat saja yang taat atau tidak dengan rambu-rambu lalu lintas. Tinggalkan kebiasaan buruk, yang selalu menabrak lampu merah,” saran Bambang. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here