Ayo, Cek Data Pemilih Anda!

1
409
Warga ramai-ramai mengecek data pemilih untuk mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai pemilih di pemilu 2019 melalui program sidalih3.kpu.go.id. F-andri/tanjungpinang pos

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah namanya terdaftar pada pemilihan umum legislatif mendatang, saat ini sudah bisa dicek langsung. Caranya mudah, hanya mengakses sidalih3.kpu.go.id melalui handphone.

TANJUNGPINANG – Warga yang telah memenuhi syarat untuk memilih, diminta aktif mengecek namanya bisa melalui pengumuman manual atau daring (online). Hal ini diungkapkan Komisioiner KPU Divisi Program dan Data KPU Provinsi Kepri, Priyo Handoko, kemarin. ”Cek data pemilih di pemilu 2019 bisa di sidalih3.kpu.go.id,” kata Priyo Handoko.

Menurutnya, KPU Provinsi Kepri juga mengajak seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu 2019, untuk mensosalisasikan program sidalih3.kpu.go.id ke masyarakat.

Sidalih3.kpu.go.id, salah satu program tempat mengecek data pemilih di pemilu 2019 secara online. Warga bisa melihat apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Sebelumnya, sidalih3.kpu.go.id juga telah disosialisasikan KPU kepada masyarakat dibeberapa titik, di antaranya, di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, baru-baru ini.

”Mohon bantuan dan proaktif dari para pengurus parpol agar terus mensosialisasikan sidalih3.kpu.go.id ke masyarakat. Ini sangat penting untuk menghindari banyak warga tidak terdaftar sebagai pemilih,” kata Divisi Program dan Data KPU Provinsi Kepri, Priyo Handoko di depan perwakilan pengurus Parpol di Provinsi Kepri di Hotel CK, belum lama ini.

Menurutnya, untuk mengetahui apakah warga sudah terdaftar atau belum, tinggal masyarakat mengakses sidalih3.kpu.go.id di handphone adroid pribadinya.

Untuk mengakses sidalih3.kpu.go.id bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
Setelah itu, sambung dia, masyarakat tinggal memilih Provinsi Kepulauan Riau. Kemudian, masyarakat klik kabupaten berdasarkan tempat tinggalnya masing-masing.

Kalau sudah memilih provinsi serta kabupaten, masyarakat langsung melanjutkan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di kartu identitas miliknya. Kemudian, masyarakat ketik satu kata dari nama nya di dalam kolom yang sudah disediakan. ”Misalnya, Andri, nomor KTP berapa dan tinggal dimana, tinggal dimasukan sesuai tempat tinggal kita,” ucap dia.

Nanti, lanjut Priyo, akan muncul nama lengkap, NIK, TPS, jenis kelamin, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi tempat tinggal masyarakat tersebut. Kalau sudah seperti itu, berarti masyarakat sudah terdaftar di Pemilu tahun 2019 nanti. Apabila belum terdaftar, saran dia, masyarakat bisa langsung datang ke Kantor Kelurahan berdasarkan tempat tinggalnya.

Tujuannya, mengecek nama masyarakat tersebut. Biasanya nama pemilih sudah ditempel oleh petugas TPS di kelurahan masing-masing. Setelah itu, masyarakat langsung menyampaikan ke petugas bersangkutan, bahwa namanya belum terdaftar pada sidalih3.kpu.go.id. ”Nanti, petugas berwenang yang akan melakukan itu semua. Ayo, pastikan nama kita terdaftar di Pemilu tahun 2019,” sebut dia. (ANDRI-ABAS)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here