Ayo Contoh Negeri Seberang

0
294
H Nurdin Basirun

MBS.Tg.Pinang pulau Bintan luasnya 1 sepertiga kali negara Pulau Singapura yg berada satu alur laut”SELAT MALAKA” dg Batam, Bintan dan Tg Balai Karimun. Sama2 daerah maritim (kawasan laut) kenapa Singapura dan Malaysia kedahuluan lebih maju dari kita RI yg lebih dulu merdeka ini?. Tiga faktor kita harus mencontoh kedua negara yg telah berhasil dalam perdagangan, pelabuhan/jasa kepabeanan dan pariwisata. Selain itu Malaysia galakkan perikanan dan pertanian, ikan lele, semangka, duku dan buah2 an lainnya diimpor dari negeri seberang itu. Kita harus bisa maksimalkan hasil pertanian ayo digarap. Perlu belajar dan mencontoh negara yg telah maju dan berhasil itu, jgn semacam katak dbwh tempurung.
+6281364252006

TANGGAPAN:
Kita akan terus berupaya untuk memperkuat pertanian. ternyata peran perempuan juga sangat kuat dalam menjaga kedaulatan pangan.

Perempuan tani harus ikut serta mewujudkan kedaulatan pangan dan juga ketahanan pangan Kepri serta kesejahteraan petani Indonesia. Karenanya mereka harus cerdas untuk turut serta mewujudkan kedaulatan pangan.

Perempuan Tani yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) adalah pihak yang sangat bisa membantu mewujudkan Kepri, mandiri di bidang pertanian.

Kepulauan Riau terus konsen untuk bisa menjadi daerah penghasil pertanian. Karenanya harus ada pihak-pihak yang ikut fokus mengurus dan mengembangkan sektor pertanian tersebut. Kabupaten Lingga adalah salah satu daerah di Kepri yang difokuskan untuk menjadi daerah sentra hasil pertanian. Dengan menjadikan Lingga sebagai sentral pertanian, kata Nurdin, mudah-mudahan ketahanan pangan di Kepri segera terwujud.

Pemprov Kepri juga mendorong pemanfaatan lahan kosong, yang banyak tersebar seperti di Kabupaten Bintan Anambas dan Natuna. Lahan kosong tersebut harus dimanfaatkan menjadi lahan pertanian. Yang nantinya bisa ditanami bermacam tanaman. Seperti padi jagung ataupun sayur mayur.

Saya yakin lahan kosong tersebut cukup subur dan cocok untuk kita kelola menjadi lahan pertanian.

Kepri ke depan tidak ingin terus bergantung dengan hasil pertanian dari luar. Karenanya harus serius menggesa sumber alam, agar bisa menghasilkan sendiri produksi pertanian.

Minimal kita bisa menyuplai kebutuhan pangan untuk Kota Batam yang kebutuhannya sangat besar.

Pemerintah membuka diri bergandengan tangan dengan semua pihak, dalam upaya menjadikan Kepri berdaulat pangan. Dengan bersama- sama saya yakin kita bisa, tambah Nurdin Basirun seraya menambahkan kalau pemanfaatan teknologi pertanian bisa mempercepat terwujudnya kedaulatan pangan. (ais/mas)

H Nurdin Basirun 
Gubernur Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here