Ayo, Dorong Investasi di Pulau Bintan

0
39
Pelabuhan bongkar muat Tanjungmoco, Dompak, saat dikerjakan tahun lalu. f-suhardi/tanjungpinang pos

Assalamualaikum. Mohon kepedulian dan terobosan yang solutif dari berbagai pihak termasuk gubernur, walikota, PLN dan asosiasi pengusaha untuk menarik perhatian investor agar geliat ekonomi tumuh dan bisa membuka lowongan kerja. Tapi cari investasi yang nyata di kampung kita ini. jadi para pengangguran bisa kerja. karena lowongan kerja PNS dan honorer sangat sulit diharapkan untuk bisa diterima. Jika disuruh berwiraswasta tolong buka lah kami jaringan keluar dan apa yang bisa kami jual. Dan bebaskanlah kami anak muda nak buka usaha dari izin-izin. buatlah macam walikota bandung pak ridwan kami, jadi kami bisa buat bisnis.
08126602492

TANGGAPAN:
PT PLN Area Tanjungpinang siap untuk menyambut investor yang ingin berinvestasi di wilayah Tanjungpinang dan Pulau Bintan. Khususnya untuk wilayah Free Trade Zone (FTZ) atau pelabuhan bebas dan perdagangan bebas di Senggarang dan Dompak.

Kita menyatakan kesanggupoan dalam menyuplai kebutuhan listrik untuk industri. Saat ini kelistrikan PLN Area Tanjungpinang saat berlimpah dan suplusnya 120 Mega Watt (MW). Surplus ini terjadi karena program jaringan PLN Batam Bintan sudah lama terwujud dan sekarang sudah interkoneksi

Biasanya investor selalu menjadikan listrik sebagai tolok ukur layak tdiaknya daerah untuk dijadikan tempat bernvestasi. Jadi ini bisa untuk mengembangkan usaha dan PLN siap mendukung kemajuan ekonomi di Pulau Bintan ini.

Kita terus mengkomunikasikan tentang kesiapan infrastruktur kelistrikan untuk mendukung investasi dan geliat ekonomi.

Kami juga ingin agar investor tidak ragu dalam berinvestasi di Tanjungpinang dan Bintan, termasuk di kawasan FTZ Senggarang dan Dompak karena PLN siap melayani kebutuhan daya listrik dan berapapun yang dibutuhkan.

Beberapa kawasan Industri di Bintan, salah satunya kawasan Industri Lobam, sudah mengajukan penambahan daya untuk kawasan tersebut kebutuhanya 2 MW. Sekarang, kawasan tersebut sudah menikmati listrik 8,5 MW.

PLN juga telah mempersiapkan jaringan untuk kawasan industri di Galang Batang, yang diajukan oleh PT BAI. Kita berharap kawasan FTZ Senggarang dan Dompak juga lekas berkembang, supaya PLN bisa menyuplai listriknya.

PLN juga siap menyalurkan daya ke kawasan Pelabuhan bongkar muat di Tanjungmoco, Dompak, Tanjungpinang. Pelabuhan ini sudah siap, dan sudah pernah diujicoba kapal sandar. Panjang dermaganya 70 meter, panjang treslenya mencapai 100 meter.

PLN sekarang sudah mampu menjual daya yang besar, karena daya kita sudah surplus. Tidak krisis daya lagi. (mas)

Fauzan
Manager Area PLN Kota Tanjungpinang

TANGGAPAN:
Kita dari pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjugnpinang selalu mengajak kalangan pelaku bisnis untuk berinvestasi di wilayah Kota Tanjungpinang.

Sarananya saat in sidahy mendukung. Listrik sudah surplus bahkan surplusnya sudah mencapai 125 MW. Tanjungpinang juga memiliki kawasan Free Trade Zone (FTZ) di Dompak dan di Senggarang. Untuk listrik, sudah lama terkoneksi dengan listrik di Pulau Batam.

Investasi bidang ekonomi, perdagangan dan industri, sangat cocok di Tanjungpinang. Secara geografis, berinvestasi di Tanjungpinang banyak keuntunganya. Selain dekat dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, keamanan di Tanjungpinang juga cukup kondusif. Kita dari Kadin juga selalu membantu mempromosikan Tanjungpiang sebagai daerah investasi yang potensial. Pemerintah daerah juga menjamin keamanan invstasi dan tidak akan mempersulit perizinan, bahkan memberikan payung hukum dan memberikan kemudahan-kemudahan lainnya.

Potensi investasi di Tanjungpinang perlu diviralkan agar lebih dikenal. Tujuannya agar ibu kota provinsi Kepri ini brkembang pesat dan pertumbuhan ekonomi akan meningkat hingga masyarakat menjadi sejahtera

Ada dua kawasan pelabuhan bebas dan perdagangan bebas atau FTZ di Tanjungpinang. Titiknya ada di Senggarang dan di Dompak. Ini sangat cocok untuk perusahaan-perusahaan bergerak di bidang pembangunan infrastruktur, transportasi, penyimpanan. Selain itu, juga cocok untuk perusahaan jasa logistik, multimedia, dan produksi alat berat crane. Karena, bisa saja Tanjungpinang sebagai daerah memproduksi alat berat crane yang nantinya bisa diekspor. (bas)

Bobby Jayanto
Ketua Umum Kadin Kota Tanjugnpinang


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here