Ayo, Ikut Periksa Kesehatan Gratis!

0
420
Kreasi salad: Suasana lomba kreasi menu salad sayur dan buah di halaman kantor Dinkes Kota Tanjungpinang. f-Novita/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dinas Kesehatan Pengendalian Pendidikan dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang menggelar pemilihan Duta Kesehatan dari kalangan pelajar SD, SLTP dan SLTA. Pemilihan Duta kesehatan berlangsung di Puskesmas Batu 10, Kamis (9/11).

Pemilihan Duta Kesehatan ini, tujuannya untuk memilih pendidikan teman sebaya (peer educator) dan sebagai role model untuk lebih memasyarakat perilaku sehat di kalangan remake dan pelajar.

Sebelumnya, Rabu (8/11), Dinas Kesehatan juga mengelar Lomba Senam Cerdik dan Mars Germas di Aula Perpustakaan dan Arsip Daerah. Pesertanya utusan dari berbagai institusi kesehatan se-Kota Tanjungpinang baik puskesmas, rumah sakit maupun sekolah kesehatan. Tujuan lomba senam cerdik dan Mars Germas ini untuk menggelorakan dan menggaungkan aktivitas fisik sebagai bagian gerakan masyarakat hidup sehat.

Kamis kemarin, Dinas Kesehatan juga menggelar lomba kreasi menu salad sayur dan buah di halaman Dinkes PPKB Kota Tanjungpinang. Acara ini kerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang. Tujuannya memasyarakatkan gemar makan sayur dan buah di kalangan masyarakat.

Gemar makan sayur dan buah merupakan pilar kedua gerakan masyarakat hidup sehat. ”Kita mesti menggelorakan dan menggaungkan aktivitas fisik sebagai bagian gerakan masyarakat hidup sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Pendidikan dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, kemarin.

Di lomba yang ini diikuti utusan dari kelurahan-kulurahan yang ada di Kota Tanjungpinang itu, utusan dari Kelurahan Pinang Kencana keluar sebagai juara dan juara 2-nya diraih oleh Kelurahan Tanjungpinang kota. Menurutnya, hari ini (Jumat, 10/11) akan ada juga lomba senam jantung sehat di halaman Kompleks Ruko Pinlang Mas,” bebebernya.

Kata dia, kegiatan ini merupakan kerjasama dengan fasilitator senam dari Klub Jantung Sehat Kota Tanjungpinang dan Yayasan Jantung Indonesia Kepri. Tujuannya digelarnya senam jantung ini untuk menggalakkan kebiasaan sebagai pilar pertama gerakan masyarakat hidup sehat. Kemudian, Sabtu (11/11) merupakan puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional Kota Tanjungpinang. Tempat acara di Laman Bunda, Gedung Gonggong.

Pada acara puncak akan diawali dengan senam bersama jajaran kesehatan dan masyarakat umum, penampilan para pemenang lomba. Kemudian menyanyikan mars Germas dan senam cerdik, senam jantung sehat, apresiasi tenaga kesehatan teladan, pemenang lomba menulis Surat untuk Walikota, Duta Kesehatan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan umum.

Kemudian, skrining kanker serviks dan kanker payudara, pelayanan KB gratis, pemeriksaan refraksi mata dan pemberian kacamata gratis bagi lansia. ”Kita sediakan doorprize menarik bagi peserta yang hadir, antara lain televisi, sepeda, dispenser,” beber Rustam.(Abas-Novita-Regina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here