Ayo, Kembangkan Sektor Maritim

0
705
Salah satu perusahaan galangan kapal di Batam.f-dokumen/tanjungpinang pos

Kita berharap Kepri menjadi lebih baik kedepan. Tg.Pinang pulau Bintan luasnya 1 sepertiga kali negara Pulau Singapura yg berada satu alur laut”SELAT MALAKA” dg Batam, Bintan dan Tg Balai Karimun. Sama2 daerah maritim(kawasan laut) kenapa Singapura dan Malaysia kedahuluan lebih maju dari kita RI yg lebih dulu merdeka ini. Sektor maritim kita terus di update. Perlu belajar dan mencontoh negara yg telah maju dan berhasil itu, jgn semacam katak dbwh tempurung.
+6281364252006

TANGGAPAN:
Sektor maritim kita khususnya shipyard cukup terkenal dan saya mengapresiasi para pekerja galangan kapal di Kepri yang memperkuat eksistensi daerah ini sebagai daerah maritim. Apalagi Kepri sudah menasbihkan diri unggul dalam bidang maritim pada visi misinya.

Shipyard di kepri mampu dan unggul. Semua produknya diakui dunia internasional. Keunggulan bidang maritim di Kepri untuk segala sektor. Industri maritim, jasa, perdagangan dan pariwisata bahari di Kepri harus unggul.

Baca Juga :  Kualitas dan harga Daging Harus Diawasi

Saya yakin perusahaan-perusahaan di Kepri, termasuk para pekerjanya bisa menghasilkan karya yang lebih besar lagi. Tujuannya sama untuk membuat negara ini demakin kuat sehat dan makmur.

Kontribusi teman-teman sangat besar dalam membangun negeri tercinta ini. Satu hati sebagai masyarakat, warga negara membangun NKRI menuju negara yang maju sukses bersama.

Saya mengajak semuanya untuk menjaga negeri ini dengan membangun kebersamaan. Menyatukan hati untuk kemajuan negeri. Pasti kita kerja besar ini akan terwujud kalau kita mengedepankan kebersamaan.

Kita juga ingin bisnis marine aquaculture di Kepri semakin maju. Potensi besar kelautan Kepri harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar memberi nilai ekonomi.

Baca Juga :  Persiapkan Armada Mudik

Ekonomi kemaritiman kita harus semakin maju dan memberi manfaat besar buat rakyat. Terlebih sektor perikanan. kami sduah mengunjungi Singapore Marine Aquatic Centre, di St Jhon Island, Singapuradan bertemu pihak Singapura Ecnomic Development Board (EDB).

Kita serap ilmu dari mereka dan bekerjasama. Di Singapore Marine Acuatic Center, pemanfaatkan teknologi dalam pengembangan sangat terlihat. Pemanfaatan ini memberi dampak pada menurunnya cost dan penggunaan Sumber Daya Manusia. Peluang ini harus ditangkap oleh Kepri. Apalagi Kepri berbatasan langsung dan memiliki laut yang begitu luas. Sebagian besar kondisi laut Kepri pun memungkinkan untuk pengembangan seperti di St Jhon Island.

Singapura dengan kemajuan teknologinya namun memiliki keterbatasan SDM dan lahan. Kita serap ilmu dan teknologi yang mereka miliki, untuk memajukan ekonomi kemaritiman kita, khususnya perikanan.

Baca Juga :  Tolong Anggarkan Biaya SWRO

Saja juga mengajak Kepala BP Lukita untuk langsung menghadap Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan. Itu untuk mendiskusikan upaya-upaya memajukan industri bisnis kemaritiman. Kita langsung menghadap Pak Menteri agar cepat terealisasi.

Singapore EDB memang ingin memperkuat kerja sama dengan provinsi ini. Dalam suatu pertemuan, Beh Swan Gin, Chairman Singapore EDB mengatakan Kepri sangat penting bagi negara pulau tersebut. Apalagi Singapura dan Kepri sangat dekat dalam berbagai hal. Tak ada daerah lain yang diprioritaskan seperti Kepri. (mas)

H Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here