Ayo Ramaikan Pariwisata

0
106
Warga memadati pantai Lagoi beberapa waktu lalu. f- dokumen/tanjungpinang pos

MBS Tolong pak.., itu pndok2x di pantai Trikora dibenahi agar tidak terlihat semrawut. Sayang dengan indahnya panorama alam namun pondok-pondoknya kumuh. Bikin pondok yang cantik dan bersih. Pemrintah juta mesti banyak membuat event pariwisata
+6281372918186

TANGGAPAN:
Bintan saat ini masih menjadi primadona bagi wisatawan manca negara. Hampir setiap pekan wisatawan asal Tiongkok, Singapore bahkan Malaysia, setiap musim berkunjung ke daerah ini. Kunjungan itu, hanya untuk menikmati wisata alam yang mempesona yang terkenal asli.

Belum lama ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Bintan mengumpulkan sedikitnya 60 pelaku penggerak pariwisata yang tersebar di seluruh Pulau Bintan. Mereka bahkan ada yang berasal dari Pulau Tambelan bahkan Mapur.

Terdiri dari berbagai komunitas, para pelaku pariwisata di Pulau Bintan ini diharapkan mampu bersaing dan siap menghadapi pertumbuhan dunia pariwisata yang semakin melejit di Bintan. Mengingat Bintan saat ini, masih menjadi primado para wisatawan yang sengaja ingin menikmati keindahan pantai-alam-bahkan kulinernya.

Pulau Bintan, salah satu penyumbang turis di Provinsi Kepri hingga bersaing dengan Provinsi Bali dan Jogjakarta. Kunjungan pariwisata Bintan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri rata-rata diatas 22,38 persen atau sekitar 205.064 orang per bulan.

Jumlah kunjungan terbanyak wisman berkebangsaan Singapura dan Tiongkok, Malaysia, India, Philipina, Korea Selatan, Jepang, Inggris, Australia, dan Amerika paling sering ke Kepri, tujuan mereka hanya untuk menikmati wisata alam, pantai bahkan ekowisata yang memang sudah dikemas apik mulai pelaku usaha perhotelan sampai pelaku pariwisata berbasis kemasyarakatan.

Maka kita tidak boleh lengah, ke depan selain perbanyak destinasi upaya melatih keterampilan pelaku (Tourguid,red) juga sangat pentingTidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah dan asli, Bintan juga punya wisata lainnya seperti saat ini mangrove atau hutan bakau sudah menjadi paket kunjungan wisata yang wajib dilakukan umumnya pelaku usaha yang bergerak di sektor jasa Tourguid.

Kita bina mereka, agar semakin terlatih menghadapi wisatawan asing. menjadi Tourguid sangat dibutuhkan dan perannya sangat penting.

Memang persoalan penting yang sering muncul adalah ketidaknyamanan pengunjung dan tempat yang dikunjungi, serta sarana informasi yang masih menjadi kendala. Percuma, jika Pemerintah hanya memperhatikan dari salah satu sektor, namun sektor yang paling urgent tidak menjadi perhatian khusus.

Yang menjadi kendala adalah sarana informasi masih sangat minim. Kami merasa kesulitan, ketika melayani tamu, pergi ke salah satu tempat misalnya, namun hal sekecil ini saja masih sangat terbatas. Kita berharap agenda khusus untuk membahas persoalan ini.(ais)

Dahsyat Gafnesia
Kepada bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Bintan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here