Ayo, Wujudkan Poros Maritim Dunia!

0
386
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun bersama Rektor UMRAH Prof Syafsir Akhlus menandatangani draft wisuda Dies Natalis XI dan Wisuda Sarjana XI UMRAH, Sabtu (15/9) di Dompak. f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri Hadiri Wisuda 658 Mahasiswa UMRAH

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak semua mahasiswa terlebih di Provinsi Kepri yang telah menyandang gelar sarjana untuk mulai merealisasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan. Salah satunya untuk membangkitkan Kepri sebagai poros maritim dunia.

DOMPAK – ”Adik-adiklah yang menjadi generasi baru melanjutkan pembangunan Kepri agar segera tercapai tujuannya, menjadi poros maritim dunia, sumbangkan pemikiran dan ilmu yang telah kalian dapatkan,” ujar Nurdin dalam sambutannya saat menghadiri Wisuda XI dan Dies Natalis ke XI Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Sabtu (15/9).

Untuk itu, Nurdin mengajak semua hadirin yang hadir agar dapat memanjatkan doa agar UU tentang daerah kepulauan dapat segera terwujud. Karena ini menjadi perwujudan daerah dan kekuatan hukum yang sah dan baik ke depannya.

”Ini jalur ekonomi dunia dan menjadi leader ekonom, dengan banyak hal untuk menjadi leader yaitu perubahan regulasi dan undang undang yang mengatur kemaritiman Indonesia,” lanjut Nurdin.

Apalagi kata Nurdin, sumber daya dunia ada semua di Indonesia. Artinya ini merupakan potensi yang besar bagi dunia, kesejahteraan dan kemakmuran rakyat negeri ini. Fakta ini haruslah dapat dimanfaatkan.

”Kalian inilah yang bisa menjawab tantangan dan pertanyaan ke depan nantinya, menjadikan negeri ini dengan kemakmuran,” tambah Nurdin lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Nurdin juga mengajak para mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi contoh bagi masyarakat sebagai pemberani kebenaran tentang jangan buang sampah sembarangan dan kelola sampah baik dan benar.

Sidang terbuka senat Universitas Maritim Raja Ali Haji dengan agenda dies natalis dan wisuda ke XI dibuka oleh Ketua Senat Winata Wira, SE, M.Ec.

Wisuda sarjana UMRAH Ke-XI ini meluluskan sebanyak 658 mahasiswa dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Teknik (FT) sebanyak 69 orang, FIKP sebanyak 71 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 116 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 166 mahasiswa, dan FISIP 236 mahasiswa.

Dari jumlah wisudawan/ti tersebut, meluluskan 5 wisudawan/ti dengan predikat lulusan terbaik (Cumlaude) dari tingkat fakultas dan tingkat universitas yakni Trimas Manalu Fakultas Teknik (FT) Program Studi (Prodi) Teknik Elektro dengan indeks prestasi Kumulatif (IPK) 3,84.

Kemudian, Iwanto FIKP Prodi Teknik Hasil perikanan sekaligus lulusan terbaik tingkat universitas dengan perolehan IPK 3,96.

Dilanjutkan, Dini Trisni Anggraini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IPK 3,93.

Berikutnya, Pebrianti Fakultas Ekonomi (Fekon) Prodi Akuntansi IPK 3,84 dan Dinda Imelda fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Prodi Sosiologi IPK 3,88. Sidang senat terbuka ini, mengangkat tema ‘Menyongsong era Revolusi Industri 4.0 dengan cerdas, jujur, dan mulia’.

Rektor Umrah Prof Dr Syafsir Akhlus mengatakan, di era Revolusi industri 4.0 sebagai intelektual harus bisa mengintip peluang untuk membuat pekerjaan. Dengan didorong keinginan yang kuat, lanjut Syafsir Akhlus, ia yakin semua rintangan dan cita-cita akan diraih.

”Kaum intelektual itu di era revolusi Industri 4.0 ini, janganlah berpikir untuk mencari pekerjaan seperti jadi PNS. Tetapi intiplah peluang untuk bisa bekerja sendiri dan menjadikan pekerjaan itu yang mencari kita,” kata Syafsir Akhlus lagi.(MARTUNAS-ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here