Ayo, Wujudkan Rasa Aman, Anak Pintar, Keluarga Sehat

0
158
  • Coffe Morning Bareng Dahlan Iskan

TANJUNGPINANG – Menyadari Tanjungpinang tidak memiliki gunung yang tinggi, seperti Singapura maupun Jakarta secara bangunan namun yang terpenting menurut Dahlan Iskan ada dewanya.

Filosofi ini disampaikan Dahlan Iskan saat menjadi pemateri dalam coffee morning yang digelar Bappelitbang Tanjungpinang di Senggarang, Senin (6/8) pagi pukul 09.00 WIB.

Ia menuturkan, kalau gunungnya tidak ada, maka kini mencari dewanya. Tokoh yang dimaksud disini yaitu selain pemimpin wali kota dan wakil wali kota juga perlu peran semua kalangan.

Ia menuturkan, ada tiga hal yang diinginkan masyatakat. Sangat simpel yaitu keamanan, anak bisa pintar dan keluarga sehat.

Menurutnya, untuk aman maka Pemko juga perlu membantu dana bagi kepolisian untuk menjaga keamanan. Jangan sampai ada perampokan serta kriminal lainnya.

“Tapi kalau hanya jambret mungkin akan ada terus, ini bukan kasus berat. Biasa yang jambret hanya terdesak tapi kalau merampok itu artinya kasus kriminal yang rakus, ” Tuturnya.

Begitu juga dengan orang yang korupsi, itu bukan karena memenuhi kebutuhan terdesak tetapi rakus.

Kedua terkait anak harus pintar, menurutnya sangat mudah. Ada dua hal, sekolah harus bermutu dan ditunjang teknologi.

Menurutnya, membangun pendidikan tidak perlu biaya besar namun cukup mengumpulkan seluruh kepala sekolah dan mau komitmen membangun pendidikan.

Bila perlu pemerintah memberikan standar ke masing-masing sekolah. Bagi sekolah yang berhasil memenuhi standar maka harus diberikan apresiasi, misalnya wifi gratis sampai 24 jam.

“Kalau sekokah-sekolah ada wifi, saya yakin siswa akan betah di sekolah. Maka siswa banhak mencari ilmu melalui internet. Bahka. untuk taman-taman yang bagus diberikan wifi dan akan ramai anak-anak di sana, ” tuturtnga.

Serta yang terakhir yaitu semua takut sakit jadi rumah sakit harus unggul. Serta lingkungan bersih rindang dan indah.

Ia menuturkan, untuk menjamin kesehatan maka menjamin setiap rumah sakit memiliki keunggulan dan harga yang relatif murah. Ini juga menjadi harapan masyarakat.

“Membuat rumah sakit bagus dan berkelas itu perlu, maka pemerintah perlu berkomitmen membahas ini bersama seluruh kelala rumah sakit,” tuturnya.

Terkait bersih menurutnya juga harus ada standar yang dimiliki pemimpin daerah. Ia mencontohkan ketika menjadi Dirut PLN, ia meminta kebersihan toilet, taman dan kantor menjadi tanggung jawab pimpinan bukan diserahkan kebagian umum.

Maka ia meminta metode itu juga bisa dilakukan wali kota dan wakil wali kota. Bila standar kebersihan diserahkan ke bawahan maka standarnya nanti berubah atau di bawah keinginan pemimpin.

“Saya melihat wakil wali kota latar belakangnya sales. Ini artinya mau berkeringat dan bekerja maka saya rasa bisa menjamin lingkungan bersih. Jika tidak gengsi dan malu maka saya rasa tidak masalah jika pemimpin yang mengawasi kebersihan lingkungan, ” Tuturnya.

Hadir dalam pertemuan, Hengky Suryawan, Suryono, Rida K Liamsi, perwakilan maskapai, perbankan, Sekda Tanjungpinang, Riono serta Dr Murti Lestari dari UGM. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here