Baca Buku Bisa Digital Melalui iTanjungpinang

0
507

TANJUNGPINANG – Masyarakat saat ini bisa membaca buku secara digital melalui aplikasi yang diberi nama iTanjungpinang. Menyediakan eletronik buku (ebook) yang bisa diakses secara online dan dibaca secara online maupun offline atau tanpa akses data.

Apalikasi ini diluncurkan Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang sejak 2017 lalu. Meski demikian, harus diakui penggunanya belum banyak. Sesuai data yang dimiliki kurang lebih baru 100 orang yang men-download.

Kasi Pelayanan non naskas Perpusatakaan Kota Tanjungpinang, M Rusli menuturkan, diluncurkan aplikasi tersebut mempermudah masyarakat membaca buku.

“Kita sudah ada aplikasi iTanjungpinang, tersedia berbagai literatur ebook yang dapat di baca saat dimana pun,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Baca Juga :  Krisis Air Mulai Melanda

Dituturkannya, tujuan aplikasi ini meningkatkan budaya membaca bagi pelajar serta mahasiswa. Begitu juga dengan kaum ibu-ibu agar memanfaatkan smartphone yang dimilikinya tak hanya untuk bermedia sosial.

Rusli menuturkan, agar bisa membaca ebook, harus membuat akun setelah mengunduh aplikasi di Appstore ‘iTanjungpinang’. Setelah itu, bisa men-download judul-judul buku yang diinginkan. Bisa dibaca secara digital dalam keadaan offline.

Disebutkannya, tersedia beragam jenis bacaan. Mulai dari pelajaran SD, SMP, SMA maupun kuliah serta umum seperti bacaan fiksi serta buku agama.

Ia menuturkan, Buku Siswa Eletronik (BSE) kurang diminati, diyakini karena setiap siswa sudah mendapatkan buku pegangan dari setiap sekolah melalui dana BOS.

Baca Juga :  Pemko Gencar Promosikan Penyengat

Terkait sistem pembacaan ebook, Rusli menuturkan, setelah di unduh secara online, buku maksimal bisa di baca tiga hari dalam keadaan offline. Setelah itu, harus kembali mengunduh seperti awal karena sudah tidak bisa di buka.

“Setelah di unduh dalam tiga hari bisa dibaca secara online maupun offline. Setelah itu secara otomatis tidak bisa di baca lagi, jika belum selesai baca bisa kembali mengunduh seperti awal lagi,” ucapnya.

Ia menambahkan, pembaca maksimal mengunduh tiga jenis atau judul ebook yang berlaku dalam tiga hari. Setelah itu baru bisa mendownload judul ebook lainnya.

Ditambahkannya, sitem ini bukan hal baru. Di beberapa daerah juga sudah ada dan terbuka untum umum. Misalnya, iTanjungpinang bisa di download warga Batam dan lainnya.

Baca Juga :  Anggota Paskibraka Mulai Latihan

Sesuai data yang dimilikinya, buku yang paling sering di baca melalui aplikasi tersebut, Anak Bertanya, Anda Menjawab untuk genre Agama.

“Ada juga masyarakat yang membaca jenis buku lainnya melalui aplikasi tersebut hanya saja belum banyak,” tuturnya.

Di ruangan baca Perpustakaan Tanjungpinang yang terletak di Jalan Agus Salim, Tepilaut tersedia Wi-Fi yang dapat dikases secar agratis. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here