Bacaleg PBB untuk DPRD Kota Datangi KPU Tanjungpinang

0
327
Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution saat menerima rombongan Bacaleg PBB karena dianggap tidak memenuhi syarat atau BMS. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Rincian Hasil Tes Kesehatan Harus Dilampirkan ke KPU

TANJUNGPINANG – Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Tanjungpinang mendatangi Kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang Jalan Handjoyo Putro, Km 8 Atas Tanjungpinang, Senin (23/7).

Kedatangannya disambut oleh Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution.

Bacaleg PBB memprotes ke kantor KPU Tanjungpinang, karena ia tidak tahu soal berkas apalagi yang mereka harus lengkapi, setelah KPU melakukan verifikasi. Usai KPU melakukan verikasi, KPU memberikan catatan kalau Bacaleg PBB berkasnya masih BMS atau belum memenuhi syarat. Bacaleg PBB juga mempertanyakan ke KPU, kenapa KPU tidak menulis secara rinci, apa saja dokumen maupun berkas persyaratan pencalonan anggota legislatif yang kurang dan harus dilengkapi. KPU hanya mencantukan catatan BMS.

”Hal rincian seperti itu, yang kami tidak miliki. Sehingga kami bingung. Berkas atau dokumen apa saja yang perlu kami lengkapi lagi. Dan apa itu BMS,” ucap Hadi Soeroso, salah satu Bacaleg PBB Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Senin (23/7).

Selain itu, Hadi Soeroso mengatakan, pihak KPU Kota Tanjungpinang juga tidak pernah memberitahu kepada PBB dengan adanya surat edaran, bahwa ada aturan baru terkait berkas persyaratan pencalonan anggota legislatif Kota Tanjungpinang. Salah satunya terkait berkas pemeriksaan kesehatan di rumah sakit.

Di surat edaran baru yang dimiliki KPU Kota Tanjungpinang, setiap Bacaleg harus dan wajib melampirkan surat hasil pemeriksaan secara rinci yang dikeluarkan oleh dokter diluar dua rumah sakit, yang telah ditunjuk dan direkomendasikan oleh KPU RI. Wilayah Provinsi Kepri, ada dua rumah sakit yang mendapat rekomendasi untuk melakukan pemeriksaan Bacaleg. Yakni RSUD Raja Ahmad Tabib, Provinsi Kepri-Tanjungpinang dan RSUD Embung Fatimah Batam.

”Sementara kami tidak tahu itu. Mau tidak mau nanti kami akan minta lagi surat kesehatan secara rinci dari dokter. Sehingga kami bisa melampirkan surat tersebut,” terangnya.

Kalau sudah tahu seperti ini, kata dia, ia bersama rekannya yang ingin maju di Pileg tahun 2019, akan melengkapi berkas pencalonan anggota legislatif tersebut. ”Kita lengkapi dulu, baru kita akan kembali menyerahkan berkas ini,” sebut dia.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan, memang ada beberapa dokumen milik Bacaleg PBB Belum Memenuhi Syarat (BMS). Untuk mengetahui dokumen apa saja yang BMS, Bacaleg PBB bisa langsung mengunjungi webset Silon. Sehingga masing-masing dari Bacaleg PBB mengetahuinya. Untuk mengunjungi webset Silon, Bacaleg tersebut langsung saja berkomunikasi dengan orang yang telah ditunjuk hingga ditugaskan mengupload dokumen tersebut. Pasalnya, KPU sudah memberikan pasword ke petugas IT dari masing-masing Parpol. ”Memang saat ini webset Silon masih bermasalah sampai saat ini,” terang Aswin Nasution.

Kata Aswin, dalam waktu dekat KPU Kota Tanjungpinang akan melayangkan surat edaran kepada pihak puskesmas, rumah sakit Tanjungpinang dan rumah sakit Angkatan Laut berada di Tanjungpinang.

Inti surat tersebut, pihaknya untuk mengeluarkan surat keterangan hasil pemeriksaan terhadap pasiennya, yang sedang mengikuti Bacaleg Kota Tanjungpinang. ”Surat hasil pemeriksaan dari dokter yang perlu dilampirkan oleh Bacaleg. Ini yang diminta, apabila melakukan pemeriksaan diluar dua rumah sakit yang ditunjuk,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here